Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KBRI Beijing Ajak Pengusaha China Tingkatkan Investasi di Indonesia

Perdagangan Indonesia-China menyentuh angka US$25 miliar pada triwulan I/2021.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  10:50 WIB
Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun saat diwawancarai oleh reporter CCTV di depan gerai Indonesia. - Dok. KBRI Beijing
Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun saat diwawancarai oleh reporter CCTV di depan gerai Indonesia. - Dok. KBRI Beijing

Bisnis.com, JAKARTA —  Sejalan dengan beragam pembenahan kemudahan investasi, KBRI Beijing terus memperkenalkan potensi investasi di Indonesia. China saat ini menjadi investor asing kedua terbesar di Tanah Air.

Djauhari Oratmangun, Duta Besar Indonesia untuk China merangkap Mongolia, mengatakan bahwa perdagangan Indonesia-China menyentuh angka US$25 miliar pada triwulan I/2021. Capaian itu menempatkan Indonesia sebagai mitra perdagangan bilateral ke-13 bagi China dan ke-4 dalam konteks negara Asean.

"Pada periode yang sama, investasi Tiongkok di Indonesia mencapai US$1,04 miliar. Investasi itu menempatkan Tiongkok sebagai investor asing kedua terbesar di Indonesia," katanya melalui keterangan resmi, Selasa (25/5/2021).

Djauhari menyampaikan hal itu ketika menjadi pembicara pada forum bisnis “China (Chongqing)-Indonesia Cooperation Forum on Investment, Trade, Culture and Tourism.” Forum bisnis ini juga menjadi ajang promosi budaya Indonesia melalui penampilan sanggar tari binaan KJRI Guangzhou.

Forum bisnis  ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta daring dan luring dari Indonesia dan Chongqing, termasuk perusahaan otomotif terkenal asal Chongqing, Sokon Industrial Group Co. Ltd., yang telah berinvestasi dan memiliki pabrik di Indonesia. Khusus dengan Chongqing, nilai perdagangan Indonesia-Chongqing pada 2020 telah mencapai lebih dari US$1 miliar.

Djauhari menjelaskan sebagai negara yang berhasil menyinergikan Belt and Road Initiative (BRI) China dengan konsep Global Maritime Fulcrum (GMF), Indonesia telah mengembangkan berbagai proyek kerja sama dengan Negeri Panda.

Salah satunya ialah penyelesaian konstruksi KA Cepat JakartaBandung yang tidak hanya menjadi inovasi pertama di Asia Tenggara tetapi juga menjadi salah satu terobosan penting dalam hubungan kemitraan strategis Indonesia-Tiongkok.

Vice Chairwoman Tan Jialing menuturkan forum bisnis menjadi salah satu platform untuk terus memajukan kerja sama bersahabat dan pragmatis antara Indonesia dan Chongqing, khususnya untuk mempromosikan kerja sama kedua pihak ke suatu tingkatan baru.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi kbri beijing
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top