Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Klaim Pengangguran AS Kembali Turun, Terendah Selama Pandemi

Data Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis (20/5/2021) menunjukkan klaim awal dalam program negara reguler turun sebanyak 34.000 menjadi 444.000 dalam pekan yang berakhir 15 Mei.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 20 Mei 2021  |  20:13 WIB
Klaim Pengangguran AS Kembali Turun, Terendah Selama Pandemi
Warga menerima vaksin Covid-19 di lokasi vaksinasi massal di Lumen Field Event Center di Seattle, Washington, Amerika Serikat, Sabtu (13/3/2021)./Antara - Reuters/Lindsey Wasson\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah pengajuan klaim tunjangan pengangguran baru di negara bagian AS turun pada pekan lalu ke level terendah sejak pandemi, menandakan peningkatan pasar tenaga kerja karena pembatasan bisnis mulai dicabut.

Berdasarkan data Bloomberg, data Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis (20/5/2021) menunjukkan klaim awal dalam program negara reguler turun sebanyak 34.000 menjadi 444.000 dalam pekan yang berakhir 15 Mei.

Angka ini lebih baik dibandingkan median proyeksi para analis dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom memperkirakan klaim mencapai 450.000. Angka minggu sebelumnya direvisi naik sedikit menjadi 478.000.

Penurunan aplikasi tunjangan pengangguran menunjukkan pasar tenaga kerja terus karena lebih banyak warga AS mendapatkan vaksinasi dan kembali bekerja.

Meskipun demikian, tingkat klaim tetap jauh lebih tinggi daripada tingkat sebelum pandemi dan mengindikasikan pasar tenaga kerja masih jauh dari pemulihan penuh.

Laporan tersebut, yang menunjukkan penurunan ketiga berturut-turut dalam klaim awal, bertepatan dengan minggu survei untuk laporan pekerjaan bulanan Departemen Tenaga Kerja.

Data klaim telah berubah-ubah selama pandemi. Selain itu, lebih dari 20 negara bagian baru-baru ini mengumumkan rencana untuk menarik diri dari program tunjangan pengangguran federal di tengah perdebatan tentang apakah bantuan tersebut mempersulit perusahaan untuk mendapatkan pekerja.

Negara bagian Georgia, Kentucky dan Texas memimpin dengan penurunan terbesar minggu lalu. Sementara itu, klaim tunjangan lanjutan negara bagian melonjak 111.000 pada pekan yang berakhir 8 Mei, kenaikan mingguan terbesar sejak akhir November 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi as data ekonomi as
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top