Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkominfo: GoTo Jadi Pijakan Ekosistem Digital Indonesia

Menkominfo Johnny menilai GoTo bisa menjadi salah satu pijakan ekosistem ekonomi digital Indonesia dan jalan bagi inovator lainnya untuk mengembangkan usahanya.
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate memberikan sambutan saat acara penandatanganan kerja sama pembangunan satelit Satria di Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate memberikan sambutan saat acara penandatanganan kerja sama pembangunan satelit Satria di Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menilai aksi merger PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Tokopedia menjadi GoTo group adalah salah satu titik pijakan besar bagi ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

“Kita bersama dapat melihat bahwa bagaimana teknologi digital yang dipadukan dengan semangat berkarya anak bangsa ini dapat menghasilkan suatu dorongan produktivitas dan kreativitas yang luar biasa besar baik dari segi skala usaha, maupun dari segi skala inovasi,” ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (17/5/2021).

Ke depannya, dia mengatakan merger ini tidak hanya akan menjadi contoh kesuksesan tunggal semata, tetapi menjadi pembuka jalan bagi inovator Indonesia lainnya untuk terus berupaya mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital, berkolaborasi untuk sinergi, serta berekspansi ke mancanegara.

“Pemerintah akan terus mendukung, mendorong, serta memfasilitasi terciptanya ekosistem ekonomi digital yang progresif, kompetitif, dan sehat sehingga Indonesia akan terus menjadi negara yang tidak hanya memiliki pandangan terbuka terhadap inovasi, khususnya inovasi yang memanfaatkan teknologi digital, namun juga mampu mengadopsi inovasi tersebut sebagai salah satu motor penggerak perekonomian bangsa,” tuturnya.

Johnny berharap agar aksi merger kedua raksasa teknologi tersebut dapat mendukung pasar dalam negeri sehingga produk lokal dapat menjadi tuan rumah di Indonesia.

“Bereskan pasar di dalam negeri terlebih dahulu dengan produk produk lokal dan selanjutnya dapat berkembang dan mengisi pasar regional maupun global. Pasar domestik masih sangat besar dan terus berkembang maju. Produk lokal harus mampu menjadi tuan rumah di negara sendiri dan kita bersama harus terus mendorong konsumsi produk lokal setidaknya bangga buatan Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan GoTo group diharapkan juga dapat mengembangkan dua sisi sayapnya, yaitu di sektor usaha yang telah dimiliki Gojek dan Tokopedia berikutnya, untuk menjadi tech-giant yang menjadi pemodelan ekonomi digital yang mampu mengangkat perekonomian negara menjadi lebih maju melalui pemanfaatan teknologi digital.

Tidak hanya itu, dia melanjutkan selain diharapkan dapat terus mengoptimalkan perekonomian Indonesia untuk terus maju, Gojek dan Tokopedia, maupun perusahaan teknologi digital lainnya dapat terus melakukan disrupsi inovatifnya untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan inklusivitas di di manca negara di negara-negara sahabat lainnya.

“Strategi kolaboratif seperti halnya yang telah dilakukan GoTo group diharapkan juga semakin memungkinkan akumulasi kekuatan dan daya dorong eksponensial dalam mengupayakan kemajuan ekonomi bagi Indonesia dan bagi negara mitra lainnya, termasuk di Asean,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper