Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MTI Angkat Bicara Soal Perahu Terbalik di Waduk Kedung Ombo

Tragedi di waduk Kedung Ombo tersebut bukanlah pertama kali terjadi terutama pada saat musim libur Lebaran. Pada 2018, insiden serupa juga terjadi meski tidak menelan banyak korban jiwa.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 16 Mei 2021  |  14:48 WIB
Perahu wisata yang mengalami kecelakaan di Waduk Kedungombo, Kemusu, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) - Solopos/Akhmad Ludiyanto
Perahu wisata yang mengalami kecelakaan di Waduk Kedungombo, Kemusu, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) - Solopos/Akhmad Ludiyanto

Bisnis.com, JAKARTA — Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyoroti faktor keselamatan pengunjung di tempat wisata menyusul insiden tenggelamnya perahu wisata di Waduk Kedung Ombo Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021) yang menewaskan 9 dari 20 orang penumpang.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno menyayangkan peristiwa tersebut. Menurutnya, keselamatan wisata danau masih terabaikan.

"Sungguh tragis. Pengelola pariwisata danau atau waduk tidak memperhatikan faktor keselamatan penumpang," katanya melalui siaran pers, Minggu (16/5/2021).

Menurutnya, kewajiban menggunakan baju penolong (life jacket) bagi penumpang perahu belum sepenuhnya ditaati. Kurangnya monitoring dan pengawasan juga menjadi salah satu penyebabnya. 

Dia menyebut tragedi di waduk tersebut bukanlah pertama kali terjadi terutama pada saat musim libur Lebaran. Pada 2018, insiden serupa juga terjadi meski tidak menelan banyak korban jiwa.

"Faktor keselamatan belum menjadi prioritas para pelaku pariwisata danau. Target pendapatan yang dikejar, tetapi mengabaikan keselamatan. Apalagi di musim Lebaran, yang berwisata akan bertambah tak terkecuali wisata ke danau [waduk]," ujarnya.

Seperti dikutip dari Tempo.co, sebanyak 20 wisatawan tenggelam saat naik perahu di Waduk Kedung Ombo, Boyolali, Jawa Tengah, pada Sabtu (15/5/2021). Sebelas penumpang berhasil selamat, sedangkan sembilan orang lainnya masih dicari.

Kepala Kepolisian Sektor Kemusu, Kepolisian Resor Boyolali Ajun Komisaris Cahyo Nugroho mengatakan seluruh penumpang perahu itu adalah wisatawan domestik. Mereka naik perahu untuk makan menuju Warung Apung Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kemusu.

Cahyo mengatakan para wisatawan itu naik perahu milik Kardiyo dengan didampingi tiga orang pengelola. Ketika hampir mencapai warung apung, ada wisatawan yang maju ke arah haluan perahu untuk berswafoto. Otomatis orang-orang di belakangnya mendekat maju supaya masuk gambar.

Akibatnya, perahu yang mereka tumpangi menjorok ke depan dan air mulai masuk. Perahu terbalik. Sebelas wisatawan yang selamat bernama Alya, Mustakim, Suswanti, Laras, Supriyadi, Andre, Khoirunisa, Rifki Edi, Andi, Adi, dan Tinuk. Adapun sembilan penumpang lainnya adalah Siti Mukaromah, Wilda, Niken Safitri, Tituk Mulyani, Ana, Zamzam, Jalal, Jalil, dan Desti. Tim SAR gabungan masih mencari korban yang belum ditemukan di lokasi perahu tenggelam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waduk lebaran perahu
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top