Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos Pertamina & Erick Thohir Rayakan Idulfitri di AS, Ada Apa?

Nicke Widyawati bertolak ke Negeri Paman Saman bersama dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 13 Mei 2021  |  11:29 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.  - Bisnis.com
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati membagikan ceritanya yang tidak merayakan Lebaran bersama keluarga di rumah. Bos perusahaan pelat merah itu harus merayakan Idulfitri di Amerika Serikat (AS).

Dalam unggahannya di Instagram @nick_widyawati, Nicke bercerita tidak melakukan mudik pada Lebaran tahun ini, tapi dirinya bertolak ke Negeri Paman Saman bersama dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Bukan untuk liburan, keduanya bertolak untuk bertemu dengan beberapa perusahaan untuk menjalin kerja sama yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon secara masif di Indonesia.

"Apalagi, setelah jalan pagi dan menghirup udara segar di California, membuat saya berfikir sungguh nikmat apabila Indonesia memiliki udara yg segar dan jauh dari polusi," ujar Nicke dalam unggahan Instagramnya.

Di AS, Nicke menandatangani kerja sama dengan Albemarle untuk proyek pembangunan pabrik katalis serta Air Products dan Bukit Asam, untuk proyek gasifikasi batu bara menjadi DME. DME ini nantinya akan menjadi substitusi LPG serta pembangunan pabrik katalis dapat mensubstitusi katalis yang saat ini mayoritas masih import.

Selain itu, proyek ini juga sebagai penyerapan local resources mengingat Indonesia termasuk lima besar produsen batu bara di dunia.

Tidak berhenti sampai disitu, Nicke juga bertemu dengan Exxonmobil untuk menjajaki teknologi Carbon Capture Utilization & Storage (CCUS) baik untuk mengurangi emisi karbon di proyek gasifikasi batubara maupun digunakan untuk meningkatkan produksi hulu migas melalui CO2 Enhance Oil and Gas Recovery.

Nicke menuturkan, perjalannya ke Amerika Serikat menjadi sangat berkesan karena itu merupakan perjalannya pertamanya ke luar negeri selama setahun pandemi Covid-19 berlangsung. Dia harus lebih dulu melalui karantina saat transit di Singapura untuk akhirnya bisa jalan pagi menyusuri taman-taman di California.

Nicke juga menceritakan pengalamannya mendapatkan bunga dari seseorang yang tidak dikenal pada saat memperingati hari ibu. Selain itu, dalam perjalanannya Nicke sempat meregoh kocek hingga US$300 untuk menjalani swab test.

"Semoga saya bisa berlebaran dengan keluarga di rumah dan semua kerjasama ini dapat memberikan impact yang baik untuk kemajuan bangsa Indonesia," ungkap Nicke.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina BUMN amerika serikat lebaran erick thohir idulfitri
Editor : M. Nurhadi Pratomo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top