Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadapi Tekanan, Ini Saran Luhut Agar Industri Batu Bara Bisa Bertahan

Luhut berpesan agar pelaku usaha batu bara melakukan berbagai inovasi, salah satunya ke sektor hilirisasi batu bara agar dapat terus bertahan di masa mendatang.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 05 Mei 2021  |  17:50 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mendorong pelaku usaha batu bara untuk mulai bergerak ke sektor hilirisasi batu bara.

Hal ini sebagai salah satu upaya agar sektor industri batu bara dapat bertahan di tengah tekanan global untuk mengatasi perubahan iklim.

Luhut mengatakan bahwa sejumlah negara, termasuk Indonesia, terus menggaungkan transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan untuk menyukseskan rencanan pembangunan ekonomi rendah karbon.

"Hasilnya, kampanye ini semakin menekan industri batu bara sehingga mau tidak mau para pelaku usaha sektor batu bara perlu memutar otak agar terus dapat bertahan," ujar Luhut dalam acara CEO Talks' Webinar: Sustainability Executive Connect, Rabu (5/5/2021).

Belum lagi, lanjut Luhut, pandemi Covid-19 telah membuat harga batu bara anjlok dan membuat permintaan energi turun sehingga semakin menekan kinerja industri batu bara.

Dia pun menilai masih sangat dini untuk memprediksi kenaikan harga batu bara karena tingginya pengaruh eksternal, seperti faktor pemulihan ekonomi global.

Oleh karena itu, dia mendorong pelaku usaha untuk melakukan berbagai inovasi, salah satunya dengan menciptakan nilai tambah atau bergerak ke sektor hilirisasi batu bara, agar dapat terus bertahan di masa mendatang. Pengembangan hilirisasi batu bara ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam mendorong transisi ke energi yang lebih bersih.

"Selain itu, untuk memenuhi tujuan pembangunan ke arah rendah karbon pemerintah juga terus mendukung dan menjadi bagian dari komitmen Paris Agreement melalui ekonomi rendah karbon dan adaptasi terhadap dampak negatif perubahan iklim. Hal ini akan dicapai melalui berbagai sektor seperti kehutanan, pertanian, limbah, enegi, transportasi dan industri," kata Luhut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu bara harga batu bara Luhut Pandjaitan
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top