Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PII Berikan Penjaminan, Ini Manfaat Proyek KPBU SPAM Karian - Serpong

PII ikut memperkuat pembangunan infrastruktur dasar air minum.
Ilustrasi distribusi air bersih/dok. istimewa
Ilustrasi distribusi air bersih/dok. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) resmi memberikan penjaminan Proyek SPAM Karian - Serpong yang merupakan proyek KPBU SPAM Regional antar provinsi yang pelayanannya meliputi DKI Jakarta dan Banten.

Proyek pembangunan dan pengoperasian SPAM berkapasitas 4.600 liter/detik ini dilaksanakan dalam jangka waktu kerjasama sampai 30 tahun setelah Tanggal Operasi Komersial (COD).

SPAM tersebut diestimasikan mampu melayani ± 539.000 Sambungan Rumah (SR) di wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten, yakni Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Manfaat ekonomi tambahan yang diharapkan dapat dihasilkan dari proyek SPAM tersebut, terbagi dalam dua komponen yaitu manfaat langsung dan tidak langsung.

Untuk manfaat langsung dari proyek yaitu meningkatkan cakupan air bersih di kota Jakarta sampai dengan 3.600 liter per detik, Kota Tangerang sebesar 750 lpd, dan Kota Tangerang Selatan sebesar 650 lpd.

Kemudian, selain itu dapat mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan air tanah dan mencegah terjadinya penurunan permukaan tanah, serta membuka lapangan kerja melalui.

Sedangkan untuk manfaat tidak langsung, yaitu kesehatan, sebagai dampak dari peningkatan kualitas air yang diterima pelanggan seperti adanya pengurangan morbiditas / mortalitas terhadap penyakit yang disebabkan buruknya kualitas air.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, proyek ini merupakan wujud komitmen KemenPUPR mendorong skema pembiayaan KPBU di sektor SPAM melalui dukungan berbagai pihak, utamanya lKementerian Keuangan serta Penjaminan Pemerintah melalui PT PII.

“Terima kasih kepada seluruh instansi yang terlibat pada proyek ini karena melalui kerja sama yang kuat ini kita dapat mencapai tujuan bersama yaitu menyediakan air bersih untuk masyarakat melalui infrastruktur SPAM," ujarnya seperti keterangan resmi yang dikutip, Senin (03/05/2021).

KemenPUPR melibatkan berbagai pihak yaitu PT PII dalam menyiapkan mekanisme antisipatif dalam upaya pengendalian risiko pelaksanaan proyek KPBU.

Selain itu, Pemerintah Daerah Off-Taker SPAM Regional Karian-Serpong yaitu Pemprov DKI Jakarta, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan juga dilibatkan dalam memastikan penyaluran air bersih secara optimal ke masyarakat.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, mengatakan proyek SPAM senantiasa menjadi prioritas Pemerintah meningkatkan akses air bersih dan air minum bagi masyarakat.

Untuk itu, kata dia, proyek ini perlu didukung PDAM dalam memastikan distribusi penyaluran air minum ke masyarakat sehingga pembangunan berjalan tepat waktu dan tetapvmemperhatikan lingkungan, sosial serta gender equality.

Sementara itu, Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo, berkomitmen mendukung Pemerintah mendorong percepatan pembangunan proyek - proyek infrastruktur, khususnya yang terkait kesehatan, air minum dan sanitasi.

Proyek SPAM Karian - Serpong adalah Proyek ke-34 yang mendapatkan skema penjaminan dari PT PII dan Proyek SPAM yang ke 6 setelah SPAM Umbulan, SPAM Bandar Lampung, SPAM Semarang Barat, SPAM Pekanbaru dan SPAM Jatiluhur I.

"Dalam proyek ini, PT PII memberikan fasilitas penjaminan pemerintah atas risiko gagal bayar PJPK dan risiko terminasi," ujarnya.

Seperti diketahui,  PT PII telah melaksanakan kegiatan seremonial penandatanganan perjanjian terkait penjaminan pemerintah untuk Proyek KPBU unsolicited di sektor air minum yaitu Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Karian – Serpong pada April lalu. PII juga telah mengikat perjanjian regres antara PT PII dengan Kementerian PUPR sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper