Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menperin Agus Bicara Target Industri Otomotif pada 2030

Agus Gumiwang menjelaskan bahwa industri otomotif adalah salah satu sektor paling penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 April 2021  |  06:41 WIB
Proses perakitan mobil.  - Antara
Proses perakitan mobil. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perindustrian Republik Indonesia (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan target industri otomotif tanah air pada 2030 mendatang.

Hal itu dia ungkapkan ketika menghadiri acara peluncuran mobil Toyota Raize dan Daihatsu Rocky secara virtual pada Rabu, (28/4/2021).

Pada kesempatan itu, Agus Gumiwang menjelaskan bahwa industri otomotif adalah salah satu sektor paling penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

Atas dasar itu, pemerintah terus mencari cara untuk memberdayakan industri otomotif di tanah air. Sejumlah perencaan pun sudah diusung oleh Menperin hingga sembilan tahun mendatang.

 Agus Gumiwang menjelaskan bahwa Indonesia nantinya bakal ditargetkan sebagai produsen yang rajin mengekspor mobil ke beberapa negara.

“Sektor industri otomotif ditargetkan pada 2030 akan menjadi pemain global dan ekspor, baik kendaraan berbahan bakar minyak (ICE) maupun kendaraan listrik (EV),” ucap Menperin.

Hal ini tentunya akan memperkuat posisi Indonesia di tengah persaingan global, serta menjadi jembatan bagi sektor industri kecil dan menengah, untuk bisa masuk rantai suplai industri otomotif global.

Indonesia sendiri diketahui sudah berhasil menembus pasar ekspor ke lebih dari 80 negara di dunia. 

“Produk kendaraan bermotor roda empat atau lebih produksi dalam negeri telah mampu menembus pasar ekspor ke lebih dari 80 negara di dunia,” katanya.

“Pada 2020, ekspor kendaraan Compeletly Build Up (CBU) sebanyak 232.170 unit atau senilai Rp41,86 triliun dan ekspor Compeletely Knock Down (CKD) sebanyak 53.030 ribu unit atau seharga Rp1,23 triliun,” tambah Menperin Agus Gumiwang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur otomotif kementerian perindustrian

Sumber : Tempo

Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top