Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkeu Kritisi Setoran BUMN, Hanya 10 BUMN yang Aktif

Dilihat dari LKPP, Kemenkeu melihat 80 persen dari dividen itu ada disetor oleh sedikit lebih dari 10 BUMN.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 28 April 2021  |  15:31 WIB
Menteri BUMN Eric Thohir dalam konferensi pers terkait dengan penunjukkan bank Himbara sebagai bank mitra umum pemerintah di Istana Merdeka, Rabu (24/6/2020) -  Istimewa
Menteri BUMN Eric Thohir dalam konferensi pers terkait dengan penunjukkan bank Himbara sebagai bank mitra umum pemerintah di Istana Merdeka, Rabu (24/6/2020) - Istimewa

JAKARTA -- Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rionald Silaban mengatakan bahwa badan usaha milik negara (BUMN) hadir untuk meningkatkan pendapatan negara baik berupa dividen, pajak, hingga bukan pajak. Akan tetapi tidak banyak perseroan yang berkontribusi.

“Dilihat dari LKPP [laporan keuangan pemerintah pusat], bisa dilihat bahwa 80 persen dari dividen itu ada disetor oleh sedikit lebih dari 10 BUMN,” katanya pada acara IFG Progress Launching, Rabu (28/4/2021).

Rionald menjelaskan bahwa saat ini masih banyak BUMN yang bergulat dengan dirinya sendiri sehingga masih membutuhkan bantuan pemerintah. Stimulus tersebut bisa dalam bentuk penyertaan modal negara sampai bantuan kebijakan.

“Kita juga tahu beberapa BUMN menunjukkan performa yang kurang menggembirakan,” jelasnya.

Salah satu perseroan tersebut, papar Rionald, ada di sektor asuransi dan penjaminan. Untuk tahun lalu, Kemenkeu masih memahami apabila tahun lalu kinerja industri tersebut negatif. Akan tetapi, ketika ditelisik, tahun-tahun sebelumnya ternyata juga terjadi penurunan kinerja.

Menteri BUMN Erick Thohir pun telah memberi perhatian lebih dengan melakukan banyak program seperti restrukturasi dan perampingan melalui holding.

“Untuk kami di Kemenkeu, pasang surut kinerja BUMN menjadi catatan. Ini jadi alat kami untuk melihat kembali kebijakan yang telah dilakukan dalam pengelolaaan BUMN sehingga harapannya target bisa tercapai,” ucapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN kemenkeu setoran dividen bumn
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top