Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Temukan Artefak pada Proyek Fase 2, MRT Segera Bangun Cagar Budaya

MRT Jakarta pun berencana membuat cagar budaya berukuran kecil yang akan ditempatkan di visitor center.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 27 April 2021  |  19:37 WIB
Rangkaian gerbong kereta MRT terpakir di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Rangkaian gerbong kereta MRT terpakir di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT MRT Jakarta berhasil menemukan sejumlah artefak peninggalan sejarah saat menggali 14  lokasi di Jalan M.H. Thamrin dan kawasan Monumen Nasional (Monas).

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim mengatakan sejumlah artefak yang ditemukan antara lain tembikar, botol, pecahan keramik, logam, hingga tulang belulang. MRT Jakarta pun berencana membuat cagar budaya berukuran kecil yang akan ditempatkan di visitor center.

Dengan adanya visitor center, sambungnya, masyarakat bisa sekaligus melihat temuan cagar budaya sebagai alat edukasi 

"Visitor center merupakan pusat informasi mengenai pembangunan dan perkembangan MRT Fase 2 di kawasan Monas dan Kota Tua. Visitor center akan dilengkapi dengan monitoring dashboard berisi informasi mengenai proyek MRT Fase 2. PT MRT Jakarta bakal memperbarui seluruh informasi secara daring," ujarnya, Selasa (27/4/2021).

Arkeolog senior di Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACB) Junus Satrio Atmodjo menilai pembangunan MRT fase 2 bakal menghilangkan banyak data sejarah. Untuk itulah, temuan peninggalan sejarah  juga harus disimpan.

"Itulah tugas kita bagaimana kita record semua data itu kemudian mengemasnya dan menyampaikan kepada teman-teman di DKI untuk dijadikan bahan sejarah. Ini adalah pertanggungjawaban budaya," katanya.

Dia berpendapat benda-benda bersejarah ini dapat dipajang baik secara temporer atau permanen di sekitaran stasiun MRT Fase 2. Harapannya penumpang kereta Ratangga nantinya dapat melihat dan mempelajari sejarah Ibu Kota, khususnya temuan cagar budaya selama proyek fase 2 berjalan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt Cagar Budaya
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top