Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gokil! Pendaftar Kartu Prakerja Tembus 60 Juta Orang

Airlangga menyampaikan total penerima kumulatif Kartu Prakerja hingga gelombang 16 telah mencapai 8,2 juta orang
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 07 April 2021  |  16:24 WIB
Kolom pendaftaran pada laman prakerja.go.id, Sabtu (8/8/2020). Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 untuk menekan angka pengangguran dengan kuota untuk 800 ribu orang.  - ANTARA
Kolom pendaftaran pada laman prakerja.go.id, Sabtu (8/8/2020). Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 4 untuk menekan angka pengangguran dengan kuota untuk 800 ribu orang. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah kembali melanjutkan program Kartu Prakerja di 2021 dengan alokasi anggaran sebesar Rp20 triliun. Program semi bantuan sosial (bansos) tersebut mendapatkan animo yang sangat tinggi, baik pada 2020 lalu maupun tahun ini.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan total pendaftar program Kartu Prakerja mulai dari 2020 lalu hingga periode Maret 2021 telah menembus 60,26 jura orang.

“Kartu Prakerja tahun kemarin penerimanya [tercatat] 5,5 juta dengan pendaftar sampai sekarang sudah 60,26 juta,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/4/2021).

Airlangga menyampaikan total penerima kumulatif Kartu Prakerja hingga gelombang 16 telah mencapai 8,2 juta orang. Untuk periode 2021, katanya, mulai gelombang 12 hingga 16 sudah 2,7 juta penerima Kartu Prakerja. 

Dia memaparkan sebanyak Rp13,39 triliun insentif telah disalurkan pada tahun lalu. Sementara pada tahun ini, total insentif yang telah disalurkan adalah sebesar Rp786 miliar.

“Yang membeli pelatihan sudah mendekati 2 juta orang. Adapun, penerima yang sudah menyelesaikan pelatihan 1,52 juta orang dan 1,31 juta orang sudah mendapatkan insentif,” jelasnya. 

Sebagaimana diketahui, pada tahun ini pemerintah menetapkan alokasi anggaran program Kartu Prakerja sama dengan tahun lalu, yaitu sebesar Rp20 triliun. 

Alokasi anggaran untuk program Kartu Prakerja adalah sebesar Rp10 triliun untuk semester I/2021. Pemerintah menargetkan pemberian insentif Kartu Prakerja akan diberikan kepada sebanyak 5,9 juta peserta tahun ini. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto kartu prakerja
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top