Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pupuk Indonesia Ingin Kuasai Pangsa Pasar Ritel, Ini Strateginya

Saat ini pangsa pasar ritel Pupuk Indonesia hanya 20 persen.
Ipak Ayu
Ipak Ayu - Bisnis.com 05 April 2021  |  16:01 WIB
Gudang Pupuk.  - Pupuk Indonesia
Gudang Pupuk. - Pupuk Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pupuk Indonesia (Persero) memiliki target untuk meningkatkan pangsa pasar ritel dari yang saat ini hanya 20 persen menjadi 40 hingga 60 persen.

SVP Teknologi Informasi PT Pupuk Indonesia (Persero) Mardiyanto mengatakan salah upaya yang ditempuh dengan pengembangan sistem digitalisasi perseroan. Saat ini, menurutnya ritel manajemen sistem masih terpola pada pangsa pasar subsidi.

Meski demikian dengan karakteristik penggunaan pupuk hingga area terpencil dan tersebar dari Sabang hingga Merauke cukup membawa tantangan tersendiri.

"Karakteristik pengguna kami juga petani ini turut memberikan tantangan tersendiri. Untuk itu, dalam penyediaan yang terkait dengan infrastruktur kami lakukan kerjasama dengan sejumlah provider agar layanan kami selalu tersedia dengan baik," katanya dalam webinar Journey to Industry 4.0 Chemicals, Textile, and Pharmaceutical Industry secara virtual, Senin (5/4/2021).

Mardiyanto mengemukakan selain itu perseroan juga berupaya menyediakan aplikasi yang semudah mungkin untuk digunakan semua pihak. Menurutnya, kunci keberhasilan digitalisasi ini terletak pada kemudahan penggunaan aplikasi itu sendiri.

Adapun sejumlah keuntungan yang sudah dirasakan perseroan dengan menerapkan sistem kinerja perseroan yang modern yakni efisiensi dan peningkatan produktivitas. Menurut Mardiyanto salah satu anak usaha perseroan bahkan mampu meningkatkan pendapatan dari kenaikan produktivitas tanpa membutuhkan penambahan karyawan.

"Salah satu anak usaha itu pada 2016 labanya masih Rp0,8 miliar per 2019 kemarin sudah Rp1,9 miliar karena produktivitas bisa naik tetapi tetap efisien," ujarnya.

Sisi lain, dengan sistem digitalisasi yang sudah diterapkan perseroan terbukti mempermudah dan mempercepat dalam pengambilan keputusan. Dia mencontohkan dalam pengalokasian produk ekspor, manajemen bisa mendapatkan data stok yang masih ada serta menentukan harga dalam sekali waktu. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur petrokimia pupuk Pupuk Indonesia
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top