Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Keyakinan Bisnis Korea Selatan Capai Angka Tertinggi dalam Satu Dekade

Bank of Korea dalam pernyataannya mengatakan indeks sentimen bisnis di antara pabrikan naik ke angka 91 dari 85 untuk pembacaan tertinggi sejak Agustus 2011.
Pabrik Hyundai di Korea Selatan. /REUTERS
Pabrik Hyundai di Korea Selatan. /REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Keyakinan pabrikan Korea Selatan telah melonjak ke level tertinggi dalam hampir 10 tahun karena optimisme membangun prospek pertumbuhan ekonomi.

Dilansir Bloomberg, Rabu (31/3/2021), Bank of Korea dalam pernyataannya mengatakan indeks sentimen bisnis di antara pabrikan naik ke angka 91 dari 85 untuk pembacaan tertinggi sejak Agustus 2011.

Peningkatan ini berbasis luas, dengan pengukur terpisah untuk perusahaan domestik dan eksportir naik pada kecepatan yang sama dan sentimen untuk perusahaan kecil meningkat bahkan lebih dari eksportir. Hasil ini jauh melebihi rata-rata jangka panjang 81 yang digunakan sebagai tolok ukur untuk menilai sentimen.

Suasana optimistis menyusul kembalinya kepercayaan di antara konsumen dan komentar Presiden Moon Jae-in dan Gubernur Bank of Korea Lee Ju-yeol bahwa ekonomi tumbuh lebih cepat dari yang mereka kira sebelumnya.

Sebelumnya, Korea Selatan telah memasuki 2021 dalam kondisi yang lebih baik daripada kebanyakan negara ekonomi dan dengan lebih sedikit pukulan akibat pandemi. Pertumbuhan ekspor yang kuat dan tanda-tanda kebangkitan konsumsi mendukung pemulihan.

Di antara komponen survei, ekspektasi perusahaan untuk produksi, pesanan baru, dan tingkat operasi termasuk di antara ukuran yang meningkat dari bulan sebelumnya. Ekspektasi profitabilitas sedikit menurun.

Sekitar 20,2 persen produsen yang disurvei menyatakan ketidakpastian ekonomi di antara kesulitan operasi bisnis mereka, turun dari 22,9 persen di bulan sebelumnya.

Proporsi perusahaan yang mengutip kenaikan harga komoditas sebagai masalah naik menjadi 14,7 persen dari 10,0 persen.

Keyakinan di antara non-produsen meningkat untuk bulan ketiga menjadi 78, tertinggi sejak 2018. Rata-rata jangka panjang untuk industri jasa adalah 77.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper