Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indeks Keyakinan Bisnis Korea Selatan Capai Angka Tertinggi dalam Satu Dekade

Bank of Korea dalam pernyataannya mengatakan indeks sentimen bisnis di antara pabrikan naik ke angka 91 dari 85 untuk pembacaan tertinggi sejak Agustus 2011.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 31 Maret 2021  |  09:59 WIB
Pabrik Hyundai di Korea Selatan.  - REUTERS
Pabrik Hyundai di Korea Selatan. - REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Keyakinan pabrikan Korea Selatan telah melonjak ke level tertinggi dalam hampir 10 tahun karena optimisme membangun prospek pertumbuhan ekonomi.

Dilansir Bloomberg, Rabu (31/3/2021), Bank of Korea dalam pernyataannya mengatakan indeks sentimen bisnis di antara pabrikan naik ke angka 91 dari 85 untuk pembacaan tertinggi sejak Agustus 2011.

Peningkatan ini berbasis luas, dengan pengukur terpisah untuk perusahaan domestik dan eksportir naik pada kecepatan yang sama dan sentimen untuk perusahaan kecil meningkat bahkan lebih dari eksportir. Hasil ini jauh melebihi rata-rata jangka panjang 81 yang digunakan sebagai tolok ukur untuk menilai sentimen.

Suasana optimistis menyusul kembalinya kepercayaan di antara konsumen dan komentar Presiden Moon Jae-in dan Gubernur Bank of Korea Lee Ju-yeol bahwa ekonomi tumbuh lebih cepat dari yang mereka kira sebelumnya.

Sebelumnya, Korea Selatan telah memasuki 2021 dalam kondisi yang lebih baik daripada kebanyakan negara ekonomi dan dengan lebih sedikit pukulan akibat pandemi. Pertumbuhan ekspor yang kuat dan tanda-tanda kebangkitan konsumsi mendukung pemulihan.

Di antara komponen survei, ekspektasi perusahaan untuk produksi, pesanan baru, dan tingkat operasi termasuk di antara ukuran yang meningkat dari bulan sebelumnya. Ekspektasi profitabilitas sedikit menurun.

Sekitar 20,2 persen produsen yang disurvei menyatakan ketidakpastian ekonomi di antara kesulitan operasi bisnis mereka, turun dari 22,9 persen di bulan sebelumnya.

Proporsi perusahaan yang mengutip kenaikan harga komoditas sebagai masalah naik menjadi 14,7 persen dari 10,0 persen.

Keyakinan di antara non-produsen meningkat untuk bulan ketiga menjadi 78, tertinggi sejak 2018. Rata-rata jangka panjang untuk industri jasa adalah 77.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korea selatan ekonomi korea bank of korea

Sumber : Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top