Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Miniranch Jayatama Terapkan Sustainable Farming di Kutai Kertanegara

Desa Jonggon Jaya dan Desa Margahayu memiliki 5 (lima) kelompok peternak sapi.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  05:11 WIB
Ilustrasi peternakan sapi - Antara
Ilustrasi peternakan sapi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bramasta mengumumkan tengah melakukan pengembangan miniranch untuk budidaya sapi ternakan di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Pembina Yayasan Life After Mine (LAM), Andrew Hidayat mengatakan pengembangan miniranch yang diberi nama Jayatama ini berhasil melahirkan tiga sapi yang merupakan hasil dari misi pengelolaan budidaya sapi.

Menurutnya, lahirnya tiga ekor sapi ini merupakan kabar baik bagi warga sekitar. Sebab, sebelumnya rata-rata anak sapi di desa tersebut memiliki angka kematian yang cukup tinggi, karena belum ada fasilitas ternak yang memadai.

“Saat ini, Desa Jonggon Jaya dan Desa Margahayu memiliki 5 (lima) kelompok peternak sapi. Adanya kelompok ternak ini menjadi tujuan dibangunnya miniranch Jayatama,” ujarnya lewat rilisnya, Selasa (30/3/2021).

Dia berharap ke depan miniranch tersebut dapat menekan kurangnya angka kematian anak sapi dan membuat peternak mendapatkan tempat belajar dan fasilitas

Andrew menambahkan, bahwa saat ini Yayasan LAM sedang mengembangkan berbagai inisiatif bersama dengan mitranya untuk melakukan budidaya jagung dengan harapan dapat berdampak positif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, hasilnya dapat sebagian digunakan sebagai pakan untuk penggemukan sapi di mini ranch Jayatama. 

“Yayasan LAM melalui PT Bramasta juga mengarahkan investasi fasilitas penunjang seperti bangunan kandang, bangunan gudang, pos sekuriti, aula, paddock untuk gembala, dan area kebun untuk rumput,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peternakan peternak sapi
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top