Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Miniranch Jayatama Terapkan Sustainable Farming di Kutai Kertanegara

Desa Jonggon Jaya dan Desa Margahayu memiliki 5 (lima) kelompok peternak sapi.
Ilustrasi peternakan sapi/Antara
Ilustrasi peternakan sapi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bramasta mengumumkan tengah melakukan pengembangan miniranch untuk budidaya sapi ternakan di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur.

Pembina Yayasan Life After Mine (LAM), Andrew Hidayat mengatakan pengembangan miniranch yang diberi nama Jayatama ini berhasil melahirkan tiga sapi yang merupakan hasil dari misi pengelolaan budidaya sapi.

Menurutnya, lahirnya tiga ekor sapi ini merupakan kabar baik bagi warga sekitar. Sebab, sebelumnya rata-rata anak sapi di desa tersebut memiliki angka kematian yang cukup tinggi, karena belum ada fasilitas ternak yang memadai.

“Saat ini, Desa Jonggon Jaya dan Desa Margahayu memiliki 5 (lima) kelompok peternak sapi. Adanya kelompok ternak ini menjadi tujuan dibangunnya miniranch Jayatama,” ujarnya lewat rilisnya, Selasa (30/3/2021).

Dia berharap ke depan miniranch tersebut dapat menekan kurangnya angka kematian anak sapi dan membuat peternak mendapatkan tempat belajar dan fasilitas

Andrew menambahkan, bahwa saat ini Yayasan LAM sedang mengembangkan berbagai inisiatif bersama dengan mitranya untuk melakukan budidaya jagung dengan harapan dapat berdampak positif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, hasilnya dapat sebagian digunakan sebagai pakan untuk penggemukan sapi di mini ranch Jayatama. 

“Yayasan LAM melalui PT Bramasta juga mengarahkan investasi fasilitas penunjang seperti bangunan kandang, bangunan gudang, pos sekuriti, aula, paddock untuk gembala, dan area kebun untuk rumput,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper