Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemeliharaan Jalur Pansela Jawa Dilakukan Sepanjang 100 Kilometer

Jalur pantai selatan (pansela) Jawa memiliki panjang hingga 1.604 kilometer. Kegiatan preservasi jalan baru akan dilakukan pada 99,63 kilometer.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  15:55 WIB
Foto udara jalur lintas selatan di Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (10/5/19). - ANTARA/Puspa Perwitasari
Foto udara jalur lintas selatan di Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (10/5/19). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan melakukan preservasi jalan pada sebagian jalan pantai selatan Jawa.

Jalur pantai selatan (pansela) Jawa memiliki panjang hingga 1.604 kilometer. Kegiatan preservasi jalan baru akan dilakukan pada 99,63 kilometer atau 6,21 persen dari total panjang Jalur Pansela Jawa.

"Kami terus promosikan jalur pansela Jawa supaya orang tertarik lewat selatan. Tidak hanya jalannya ayng bagus, [Jalur pansela Jawa] juga memiliki pemandangan yang indah dan terdapat banyak objek wisata," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui siaran pers, Kamis (25/3/2021).

Di samping itu, Basuki menilai preservasi jalur pansela Jawa dapat memperlancar konektivitas Pulau Jawa bagian Selatan sehingga kesenjangan dengan pantai utara Jawa dapat berkurang.

Basuki menjelaskan program preservasi jalur pansela akan mendapatkan pendanaan oleh Islamic Development Bank melalui program Regional Road Developemnt Project (RRDP) pada Agustus 2019—Februari 2013. IDB akan mengucurkan dana setidaknya Rp822,04 miliar dalam program RRDP Pansela Jawa.

Program preservasi tersebut akan dilakukan di tiga provinsi, yakni Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Kegiatan preservasi yang dimaksud adalah pembangunan jalan baru, preservasi jalan atau kegiatan pemeliharaan, rehabilitasi, rekonstruksi jalan dan jembatan serta pelebaran jalan menuju standar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbaikan jalan jalan lintas pantai selatan jawa timur
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top