Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Lintas Pantai Selatan Jawa Terus Dibangun

Pemerintah tengah menyelesaikan pembangunan jalan lintas pantai selatan Jawa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah yang dilaluinya serta mengurangi kesenjangan dengan kawasan pantai utara Jawa yang lebih maju.
Ilustrasi: Jalan Lintas Selatan Jatim/mappijatim.or.id
Ilustrasi: Jalan Lintas Selatan Jatim/mappijatim.or.id

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah tengah menyelesaikan pembangunan jalan lintas pantai selatan Jawa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Selatan Jawa serta mengurangi kesenjangan dengan kawasan pantai utara Jawa yang lebih maju.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa penanganan jalan pantai selatan (pansela) Jawa terus dilakukan guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan. Hasilnya pun terlihat dengan semakin baiknya kondisi ruas tesebut saat ini.

“Ruas jalan pansela di Pacitan sudah semakin baik dengan du jalur dan lebar 7 meter. Tanjakan yang ada juga cukup lebar sehingga nyaman dilalui. Ruas ini bisa menjadi jalur alternatif untuk mudik, sekaligus sebagai jalur wisata di selatan Jawa yang sangat prospektif,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (1/4/2017).

Salah satu ruas jalan pansela yang ditingkatkan dan sudah rampung adalah ruas Giriwoyo—Duwet sepanjang 23,70 kilometer yang dilakukan dengan kontrak tahun jamak 2015—2017 melalui program Regional Road Development Project yang didanai oleh Islamic Development Bank senilai Rp192 miliar. Pekerjaan dimulai pada Oktober 2015 dan telah selesai akhir 2017.

Saat ini, jalan tersebut masih dalam masa pemeliharaan oleh PT Hutama Karya sebagai kontraktor hingga Desember 2019.

"Menurut warga, mereka sangat senang ruas jalan ini diperbaiki karena sebelumnya harus berputar melalui jalan lain sejauh 4 kilometer," kata Basuki.

Jalan pansela Jawa memiliki panjang 1.604 kilometer yang membentang menyusuri garis tepi pantai selatan dari wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper