Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Inefisiensi Logistik di Daerah Jadi Tantangan e-Commerce

Shipper Indonesia menilai inefisiensi logistik menjadi tantangan bisnis e-commerce, sehingga dibutuhkan inovasi teknologi baru.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 23 Maret 2021  |  16:27 WIB
Inefisiensi Logistik di Daerah Jadi Tantangan e-Commerce
Pandemi Covid/19 berhasil mempercepat transformasi bisnis serta aktivitas jual beli dari tradisional menjadi daring atau online lewat prinsip digitalisasi. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Shipper Indonesia menilai salah satu hal yang menjadi tantangan dunia e-commerce adalah inefisiensi, baik berkaitan dengan pengelompokkan data-data transaksi maupun kurangnya infrastruktur pendukung logistik di beberapa daerah.

Menyikapi dua hal tersebut, Co-Founder & COO Shipper Budi Handoko mengatakan ada dua hal yang dilakukan Shipper Indonesia agar sektor logistik Tanah Air semakin maju.

"Pertama adalah semua data [transaksi] yang kita dapatkan itu kita jadikan suatu struktur yang terorganisir dan kita bisa melakukan estimasi-estimasi yang kita butuhkan untuk pengiriman barang ataupun pergudangan," ujarnya dalam diskusi daring, Selasa (23/3/2021).

Langkah kedua, lanjutnya, adalah sharing economy. Budi mengaku menggunakan skema ini dengan pihak lain khususnya pemilik aset untuk menggunakan aset-aset yang tidak dipakai.

Selain itu dalam industri logistik, dia juga mengatakan bahwa dibutuhkan inovasi baru terutama berkaitan dengan teknologi untuk mengurangi inefisiensi tersebut.

Adapun salah satu inovasi yang dimaksud adalah ShipperHack. Menurutnya, langkah ini dapat menjadi suatu solusi yang akan digunakan untuk mendapatkan hal yang efektif untuk diimplementasikan di gudang.

"Misalnya, cara efektif untuk packing barang. Bagaimana caranya agar kita bisa melakukan pengambilan barang dengan waktu yang efisien atau cara kita menyimpan barang-barang agar kapasitas storage bisa maksimal. Jadi bagaimana caranya menyimpan barang dengan berbagai dimensi berbeda agar kita bisa taruh di tempat terbatas di suatu gudang," ujarnya.

Budi berharap, dengan segala cara dan inovasi yang dilakukan, Shipper dapat membantu memajukan sektor logistik Indonesia. Paling tidak, bisa berkontribusi langsung memberikan cost yang lebih murah kepada pengguna ataupun pelaku UMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top