Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pernah Gabung Jack Ma, Ini Sosok Pemegang Saham Terbaru AirAsia

Berikut merupakan profil dari Stanley Choi Chiu Fai, pemegang saham terbaru AirAsia usai mengakuisisi 167,1 juta saham pada tahap pertama dari rencana private placement.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 12 Maret 2021  |  16:22 WIB
Pernah Gabung Jack Ma, Ini Sosok Pemegang Saham Terbaru AirAsia
Armada AirAsia parkir di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA 2) di Sepang, Malaysia, Senin (24/8/2020). - Bloomberg/Samsul Said
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nama Stanley Choi Chiu Fai mengemuka sebagai salah satu pemegang saham mayoritas di Grup AirAsia dengan kepemilikan 332,5 juta lembar saham atau sebesar 8,96 persen dari total keseluruhan saham grup.

Stanley Choi Chiu Fai bergabung sebagai pemilik saham mayoritas lewat entitas yang dimilikinya secara penuh, Positive Boom Ltd pada 18 Februari 2021. Dia mengakuisisi 167,1 juta saham AirAsia pada tahap pertama dari rencana private placement. Aksi korporasi ini meningkatkan kepemilikan sahamnya di grup menjadi 332,5 juta saham yang setara dengan 8,96 persen saham.

Stanley Choi diketahui sebagai Chairman Head & Shoulders Financial Group, serta Chairman dan Executive Director International Entertainment Corporation (IEC), sebuah perusahaan yang terdaftar di papan utama Bursa Efek Hong Kong. Namanya juga masuk sebagai anggota pendiri dari Hong Kong di YunFeng Capital, perusahaan dana ekuitas yang didirikan pada 2010 oleh Jack Ma Yun, pendiri Alibaba Group, dan David Yu Feng, pendiri Target Media.

“Merupakan kebanggaan dan kehormatan bagi saya untuk mendapatkan kepemilikan saham yang substansial di Grup AirAsia, maskapai penerbangan berbiaya rendah terbaik di dunia yang telah berhasil beralih ke digital bisnis juga. Saya yakin perjalanan udara akan pulih kembali dengan vaksin yang diluncurkan di seluruh wilayah dan secara global, AirAsia memiliki masa depan yang sangat cerah,” ujarnya melalui siaran pers yang dikutip, Jumat (12/3/2021).

Rekam jejak jabatan yang sebelumnya pernah diemban, termasuk penunjukannya sebagai Direktur Eksekutif Target Insurance (Holdings) dari 2014 hingga 2019. Sebagai Direktur ZhongAn Online P&C Insurance Co. dari 2013 hingga 2016 Direktur Eksekutif Media Asia Group Holdings Limited dari 2011 hingga 2015.

Pengusaha sukses ini memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam layanan keuangan dan transaksi merger dan akuisisi, dengan fokus khusus pada investasi ekuitas swasta. Dia adalah investor Kidswant, perusahaan rintisan China yang kini telah menjadi peritel produk ibu, bayi, dan anak-anak terkemuka di China dengan valuasi lebih dari US$3 miliar.

Datuk Kamarudin Meranun Chairman AirAsia Malaysia yakin Stanley bisa memberi nilai tambah pada perkembangan bisnis digital perseroan di China melalui pengalaman dan jaringannya yang luas.

Stanley Choi lulus dengan gelar Master of Science dari University of Illinois di Urbana Champaign, Amerika Serikat pada n 1996. Pada 2013, ia memperoleh gelar Doktor Administrasi Bisnis dari City University of Hong Kong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airasia
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top