Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angkasa Pura II Ingin Holding Pariwisata Beri Nilai Tambah

Angkasa Pura II berharap Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung memberikan nilai tambah bagi anggota yang terlibat.
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II berharap Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung bisa memberikan nilai tambah kepada anggotanya.

VP Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan nota kesepahaman sebagai langkah awal menuju realisasi holding sudah diteken dengan total sebanyak 7 BUMN yang tergabung dalam klaster Pariwisata dan Pendukung. Meski demikian, Kementerian BUMN, yang berwenang melakukan finalisasi dan mengatur rencana kerja pembentukan holding ke depannya.

Menurutnya holding ini dapat memberikan nilai tambah ke seluruh anggotanya karena AP II sebagai operator bandara adalah penyedia layanan kepada penumpang di bandara.

“Ada lima hal yang diharapkan bisa mendukung pengembangan sektor pariwisata nasional dengan adanya holding, yakni kemapanan pembiayaan, strategi pengembangan yang menyeluruh, optimisasi layanan berbagi, operasi yang saling mendukung hingga sinergi bisnis yang lebih baik,” ujarnya, Jumat (12/3/2021).

Dari rencana pembentukan holding tersebut juga meliputi perencanaan bandara hub dan super hub. Operator pelat merah tersebut telah mempersiapkan bandara Soekarno-Hatta sebagai Hub nasional. Adapun, Bandara Kualanamu di Medan sebagai hub di wilayah barat.

Sebanyak tujuh BUMN telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) sebagai langkah awal proses kerja sama dan melakukan transformasi di berbagai sektor yang mendukung ekosistem pariwisata dan penerbangan. Sejalan dengan penekenan nota kesepahaman tersebut, proses pembentukan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung sampai saat masih terus berjalan.

Tujuh BUMN tersebut di antaranya PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai operator bandara,PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai operator bandara, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. sebagai operator maskapai Garuda Indonesia dan Citilink Indonesia, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC sebagai pengembang dan pengelola kawasan pariwisata, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) selaku pengelola Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, PT Hotel Indonesia Indonesia Natour (Persero) yang merupakan travel management dan operator jaringan hotel, serta PT Sarinah (Persero) yang memiliki bidang usaha ritel, properti, ekspor, impor dan distribusi.

Ketujuh BUMN tersebut akan lebih intensif menindaklanjuti MoU ini dengan quick win program terkait promosi bersama, cross selling, bundling strategy serta pembuatan produk-produk terkait pariwisata sesuai dengan normal baru. Para pihak terkait juga akan mengkaji kemungkinan pemanfaatan sumber daya perusahaan termasuk anak perusahaan atau perusahaan terafiliasi untuk mendukung berjalannya program strategis ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper