Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wah! Produsen Sepatu Jepang Asics Mau Tambah 3 Pabrik Baru

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengemukakan tiga pabrik baru Asics semuanya akan berada di kawasan Jawa.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  18:18 WIB
Pekerja pabrik menyelesaikan proses produksi sepatu.  - Ilustrasi/Bisnis.com/WD
Pekerja pabrik menyelesaikan proses produksi sepatu. - Ilustrasi/Bisnis.com/WD

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut produsen sepatu asal Jepang, Asics akan menambah fasilitas produksi barunya mulai tahun depan. Bahkan, Indonesia akan dijadikan sebagai hub atau basis ekspor Asics ke depan.

"Rencana itu juga terkait relokasi dari pabrik China yang sudah ditutup dan hanya disisakan satu saja di sana karena semua dipindah ke Indonesia," katanya dalam jumpa media virtual, Rabu (10/3/2021).

Agus mengemukakan tiga pabrik baru Asics semuanya akan berada di kawasan Jawa, di mana saat ini yang sedang dibangun dan direncanakan mulai bisa berproduksi pada Januari 2022 berada di Cirebon, Jawa Barat dan Tegal, Jawa Tengah. Sementara satu pabrik lagi berada di Pemalang, Jawa Tengah yang direncanakan mulai berproduksi pada Maret 2023.

Menurut Agus, produk Asics saat ini 90 persen diproduksi di Indonesia dan sudah diekspor ke berbagai negara, salah satunya Amerika Serikat dan Jepang sendiri.

"Hal itu menjadi suatu kebanggaan karena membuktikan SDM kita berhasil membuat produk yang berkualitas tinggi dan diterima market," ujarnya.

Adapun dalam kunjungan kerja pertama yang dilakukan selama pandemi Covid-19 ini, Agus menyebut tujuan utamanya untuk memenuhi undangan dari lima industri otomotif.

Sementara itu, selain Asics tiga perusahaan Jepang yang akan merelokasi pabriknya dari China ke Indonesia, yaitu Panasonic Manufacturing  dengan investasi senilai US$30 juta, Denso US$138 juta, dan produsen kondom Sagami Indonesia US$50 juta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri menperin kemenperin sepatu Agus Gumiwang
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top