Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ASDP Digitalisasi Nozzle Pengisian BBM di Pelabuhan Merak

ASDP Indonesia Ferry merampungkan program Digitalisasi Nozzle di tujuh dermaga Pelabuhan Merak untuk meningkatkan pengawasan dan pendistribusian BBM.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  10:33 WIB
Foto udara dermaga 6 eksekutif di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (29/4/2019). PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) memberlakukan tarif promo di dermaga eksekutif bagi angkutan kendaraan golongan V hingga IX mulai Rabu (1/5)./JIBI - Bisnis/Abdullah Azzam
Foto udara dermaga 6 eksekutif di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (29/4/2019). PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) memberlakukan tarif promo di dermaga eksekutif bagi angkutan kendaraan golongan V hingga IX mulai Rabu (1/5)./JIBI - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak telah merampungkan pemasangan perangkat dan sistem Digitalisasi Nozzle pengisian bahan bakar kapal di tujuh dermaga Pelabuhan Merak.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan hal ini merupakan upaya peningkatan pelayanan ASDP dan tindak lanjut pengawasan dan pendistribusian BBM serta penerapan program IT Nozzle oleh BPH Migas.

Pada Desember 2020, dari tujuh dermaga yang beroperasi di Merak baru dua dermaga yang sudah terdigitalisasi IT Nozzle, yakni dermaga 1 dan dermaga 3. Sementarara sisanya masih menggunakan sistem manual untuk pengisian BBM ke kapal.

"Dalam waktu dua bulan kami rampungkan pemasangan di lima dermaga, sehingga kini tujuh dermaga di Merak telah menggunakan IT Nozzle semua," tutur Shelvy dalam siaran pers yang dikutip, Kamis (4/3/2021).

Menurutnya, pemasangan IT Nozzle ini juga merupakan salah satu wujud komitmen ASDP terhadap akuntabilitas dan transparansi penggunaan BBM, yang sejalan dengan Peraturan dari BPH Migas No. 6/2013 tentang Penggunaan Sistem Teknologi Informasi dalam Penyaluran Bahan Bakar Minyak.

Lebih lanjut dia menegaskan, upaya digitalisasi ini juga memudahkan manajemen dalam melakukan monitoring terhadap kegiatan penyaluran BBM. Data pengisian secara otomatis akan terekam setelah penyaluran BBM selesai melalui aplikasi Integrated Bunkering System (IBS) dan berjalan secara real time.

"Kemanfaatannya juga sangat besar, karena penyaluran BBM akan lebih akurat jumlahnya dan meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh SDM pada saat penyaluran BBM ke kapal," tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa menyampaikan apresiasinya kepada ASDP karena telah memenuhi komitmennya untuk memasang perangkat dan sistem IT Nozzle di dermaganya secara bertahap. Pemasangan IT Nozzle di ASDP Merak, diharapkan dapat memberikan contoh dan diikuti oleh semua perusahaan perusahaan transportasi air/laut untuk juga melaksanakan IT Nozzle tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asdp
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top