Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Usaha AP II Mulai Siapkan Tes GeNose di Bandara

PT Angkasa Pura Solusi, anak usaha AP II, mulai mempersiapkan tes GeNose di bandara dengan melakukan pembahasan dengan mitra penyedia layanan kesehatan.
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II, lewat anak usahanya PT Angkasa Pura Solusi, sedang dalam tahap pembahasan dengan mitra penyedia layanan kesehatan di bandara terkait dengan rencana penggunaan GeNose selain rapid antigen dan tes uji usap atau PCR.

Direktur Komersial PT Angkasa Pura Solusi Yundriarti Erdani memperkirakan ke depannya ada pergeseran permintaan dari penumpang pesawat untuk rapid test antigen dengan diterapkannya layanan GeNose karena harganya lebih terjangkau. Perseroan tetap menyediakan layanan rapid test antigen dan PCR selama rapid test antigen masih menjadi salah satu alternatif persyaratan untuk melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara.

“Rencana penerapan GeNose di bandara sudah kami dengar. Saat ini kami sedang dalam tahap pembahasan dengan mitra penyedia layanan kesehatan di bandara terkait dengan rencana penggunaan GeNose sebagai alat skrining Covid-19. Mengenai jumlah alat yang akan disediakan masih kami hitung dan simulasikan kebutuhannya,” ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (24/2/2021).

Sejauh ini, dia menggambarkan permintaan layanan rapid antigen di bandara sekitar 6 persen dari pergerakan penumpang yang akan berangkat. Keberadaan layanan rapid antigen di bandara ini bukan merupakan layanan utama, tetapi menjadi salah satu layanan bagi penumpang yang melengkapi layanan-layanan lainnya yang telah ada di bandara.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah merumuskan prosedur standar (SOP) penggunaan GeNose C-19 sebagai salah satu opsi bagi penumpang pesawat selain rapid antigen serta uji usap PCR mulai 1 April 2021.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan kehadiran GeNose C-19 ini harus dipersiapkan dengan baik termasuk bagaimana pengambilan sampel di bandara. Pelaksanaannya di moda transportasi kereta api akan menjadi bahan kajian.
“Kami di sektor udara bergembira menyambut Ge-Nose yang per 1 April akan digunakan. Itu akan menjadi salah satu opsi. Saat ini kami sedang mempersiapkan SOP-nya. Harus rapi, benar, jangan sampai terjadi antrean,” ujarnya, Rabu (24/2/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper