Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Maskapai Tetap Perlu Buka Rute Domestik Baru, Ini Alasannya

Pembukaan rute domestik dinilai penting bagi maskapai kendati terjadi penurunan jumlah penumpang selama pandemi.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 16 Februari 2021  |  18:16 WIB
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Pembukaan rute-rute domestik baru tetap penting dilakukan oleh maskapai nasional di tengah pandemi Covid-19 guna kepentingan kargo yang kinerjanya berbanding terbalik dibandingkan dengan jumlah penumpang.

Pemerhati penerbangan dari Jaringan Penerbangan Indonesia (Japri) Gerry Soedjatman mengatakan selama pandemi Covid-19, dengan banyaknya rute yang dibuka, maskapai memilih mengurangi frekuensinya yang berakibat menganggurnya kapasitas penerbangan. Namun, lanjutnya, keperluan rute-rute baru akan tetap ada sejalan dengan perubahan pola perjalanan akibat pandemi, termasuk juga untuk keperluan kargo.

Net capacity dan jumlah penerbangan masih turun kok. Tapi kalau ada peluang di rute lain, ya kenapa nggak. Maskapai lain juga pada membuka rute-rute baru,” ujarnya, Rabu (16/2/2021).

Dalam kondisi saat ini, maskapai pun hanya bisa bergantung kepada rute domestik.

Dia juga menilai kinerja pada kuartal II/2021 hingga kuartal III/2021 akan menjadi periode yang menentukan bagi keberlanjutan industri penerbangan setelah melalui low season pada kuartal I/2021.

Gerry mengatakan biasanya pada low season ini, napas maskapai memang kembali tersengal-sengal. Penurunan jumlah penumpang pada periode ini akan berada jauh di bawah kuartal I/2020.

Menurutnya, enam bulan setelah kuartal I/2021 menjadi penentu bagi ketahanan maskapai karena biasanya puncak terbesar jumlah penumpang biasanya terjadi pada musim lebaran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top