Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masuk Low Season, Maskapai Diimbau Aktifkan Lagi Rute Domestik

Maskapai diimbau untuk mengaktifkan kembali rute domestik saat memasuki masa low season karena jumlah penumpang bakal menurun.
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II mendukung agar maskapai kembali mengaktifkan kembali rute-rute domestiknya pada periode low season yang mendera industri penerbangan sembari menggiatkan kampanye terbang sehat yang bisa mendorong pulihnya tingkat kepercayaan masyarakat menggunakan transportasi udara.

VP Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano menuturkan pada Januari 2021 hingga akhir kuartal I/2021, industri penerbangan memang selalu masuk dalam periode low season. Yado menyebutkan untuk Bandara Soekarno-Hatta, jumlah penerbangan rata-ratanya per harinya mencapai 350–400 pergerakan dengan sekitar 35.000–37.000 pergerakan penumpang per hari.

Membandingkan dengan pada Desember tahun lalu yang mencapai puncaknya hingga rata–rata penerbangan per harinya sekitar 600–700 serta pergerakan jumlah penumpang antara 50.000 sampai 60.000 pergerakan per hari. Tak hanya itu, imbuhnya, liburan panjang imlek akhir pekan lalu jumlah penumpang dan penerbangan juga turun dibandingkan dengan pada tahun lalu.

“Januari dan Februari ini memang low season ya. Sementara untuk libur panjang akhir pekan imlek ini masih dalam rata-rata penerbangan harian. Tidak ada peningkatan yang signifikan,” ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (16/2/2021).

Yado menyebutkan akan berkolaborasi dengan maskapai dan semua pihak terkait terkait agar mengkampanyekan Safe Travel Campaign yang bisa meningkatkan kepercayaan dari para penumpang untuk menggunakan moda transportasi udara. Selain itu juga terus melaksanakan prokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Operator pelat merah tersebut juga akan berkolaborasi dalam meningkatkan frekuensi penerbangan serta mencoba mengaktifkan rute-rute baru yang potensial. Selain itu, secara jangka panjang, AP I akan mendorong pendapatan dari sisi non-aeronautika dengan melakukan inovasi-inovasi bisnis ke depannya.

Sementara itu, PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat pergerakan penumpang di 15 bandara kelolaannya mencapai lebih dari 2 juta penumpang atau turun sebesar 35 persen dibandingkan dengan jumlah penumpang pada Desember 2020 yang mencapai lebih dari 3,1 juta penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan pada masa PPKM Januari 2021 penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I mencapai 2,016 juta pergerakan dibandingkan dengan pada Desember 2020 yang mencapai 3,10 juta pergerakan.

Pergerakan penumpang tertinggi pada Januari 2021 terdapat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yaitu sebesar 521.511 pergerakan penumpang, diikuti pergerakan penumpang di Bandara Juanda Surabaya yang sebesar 397.064 pergerakan penumpang, dan pergerakan penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang sebesar 206.240 pergerakan penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper