Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPPT Masuk Kawasan Perdagangan Bebas Sabang, Ini yang Mau Dilakukan

Badan Pengusahaan Kawasan Perdaganggan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk pemanfaatan teknologi dan hasil inovasi bagi pengembangan di kawasan Sabang dan sekitarnya.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 16 Februari 2021  |  09:04 WIB
Pelabuhan Balohan di Sabang, Aceh. - Antara
Pelabuhan Balohan di Sabang, Aceh. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengusahaan Kawasan Perdaganggan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk pemanfaatan teknologi dan hasil inovasi bagi pengembangan di kawasan Sabang dan sekitarnya.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara BPPT dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdaganggan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) secara virtual (15/02/2021).

"Kami berharap dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama ini dapat menjadikan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang menjadi lebih baik lagi ke depannya dengan menerapkan teknologi," kata Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang Iskandar Zulkarnaen, Senin (15/2/2021).

Selain tentang pengkajian dan penerapan teknologi untuk mendukung pengembangan Kawasan Sabang dan sekitarnya, penandatanganan ini merupakan langkah bersama-sama untuk melakukan inovasi dan memanfaatkan teknologi untuk pengembangan di kawasan Sabang dan sekitarnya.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan bahwa sesuai amanah yang diemban, BPPT terus mendayagunakan teknologi dan menjamin keberhasilannya melalui pelaksanaan seluruh peran BPPT untuk dapat dimanfaatkan BPKS, seperti perekayasaan teknologi, kliring teknologi, audit teknologi untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan melaksanakan teknologi tersebut dan perlu melaksanakan seluruh aspek penerapan dalam unsur alih teknologi.

BPPT juga melaksanakan difusi teknologi dalam konteks desiminasi teknologi, intermediasi hingga komersialisasi. Menurutnya, dalam melaksanakan peran tersebut BPPT harus bersama-sama dengan mitra yang nantinya akan memanfaatkan teknologi tersebut mencapai visi dan misinya dengan melaksanakan teknologi tepat guna yang bisa mengatasi impor.

Teknologi yang dapat meningkatkan nilai tambah bagi kekayaan seluruh sumberdaya alam maupun sumber daya manusia dari sebuah kawasan seperti BPKS, ujarnya. Selain itu, kerjasama ini diharapkan dapat terus mendukung Kawasan Sabang melalui review master plan, penguatan sistem inovasi dan kajian tentang teknopark kepariwisataan dan pelabuhan.

Dengan demikian, nantinya dapat dilakukan penerapan berbagai teknologi yang sesuai dengan potensi yang ada diantaranya teknologi kemaritiman, teknologi energi, teknologi pengolahan sampah dan teknologi kecerdasan artifisial sebagai bagian kemajuan daerah Sabang dalam menghela pertumbuhan ekonomi nasional.

"Semoga kerja sama ini dapat segera direalisasikan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada dimasing-masing pihak. BPPT dengan seluruh teknologi siap bersinergi dengan BPKS Sabang guna mewujudkan kawasan Sabang dan sekitarnya sebagai kawasan perdangan bebas dan pelabuhan bebas yang maju dan berdaya saing tinggi," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bppt sabang
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top