Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

VW dan Microsoft Berkolaborasi Ciptakan Mobil Otonom

Divisi perangkat lunak baru VW akan membangun platform berbasis cloud dengan Microsoft untuk membuat teknologi penggerak otomatis. 
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 11 Februari 2021  |  18:37 WIB
Volkswagen ID.4.  - VW
Volkswagen ID.4. - VW

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan otomotif asal Jerman Volkswagen AG dan Microsoft Corp. menjalin kerjasama untuk memacu pengembangan mobil otonom.

Divisi perangkat lunak baru VW akan membangun platform berbasis cloud dengan Microsoft untuk membuat teknologi penggerak otomatis. 

Dilansir Bloomberg, Kepala Divisi Perangkat Lunak Mobil VW Dirk Hilgenberg mengatakan mobil produksinya itu akan menggunakan teknologi buatan AS Microsoft untuk menyederhanakan proses pengembangan dan memungkinkan integrasi yang lebih cepat ke dalam armada kendaraannya.

"Sebagai bagian dari transformasi Volkswagen Group menuju penyedia mobilitas digital, kami terus berupaya meningkatkan efisiensi dalam pengembangan perangkat lunak," kata Dirk, seperti dikutip Bloomberg, Kamis (11/2/2021).

Produsen mobil terbesar Eropa itu telah menganggarkan investasi sekitar 27 miliar euro (US$33 miliar) untuk operasi digital pada tahun 2025. Mereka juga berencana untuk meningkatkan pangsa pasar perangkat lunak yang dikembangkannya sendiri menjadi 60 persen dari 10 persen. 

Ini merupakan kerjasama yang sudah direncanakan VW dan Microsoft sejak tahun 2018. Pada tahun tersebut VW menggandeng Microsoft untuk menyediakan seluruh layanan digital di masa depan.

Pengujian armada mobil otonom tahap awal akan dimulai akhir tahun. Perangkat lunak tersebut rencananya akan digunakan pada mobil produksi VW mulai tahun 2022. 

Selain dengan VW, pada awal tahun ini Microsoft juga bekerjasama dan berinvestasi dengan mitra otomotif lain yaitu Cruise LLC milik General Motors Co. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

microsoft vw Mobil Otonom
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top