Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksinasi Covid-19, DPR Minta Menhub Prioritaskan Awak Kabin

Komisi V DPR RI meminta Menteri Perhubungan untuk menjadikan awak kabin pesawat sebagai prioritas penerima vaksin Covid-19.
Ilustrasi. Pramugari Garuda Indonesia./garuda-indonesia.com
Ilustrasi. Pramugari Garuda Indonesia./garuda-indonesia.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi diminta segera memprioritaskan vaksinasi Covid-19 bagi para kru pesawat khususnya awak kabin.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V bersama Menteri Perhubungan, Kepala BMKG, BNPP, KNKT dan Dirut Maskapai Penerbangan Nasional, Rabu (3/2/2021).

"Ini barangkali soal Covid Pak Menteri. Mungkin Pak Menteri perlu menginformasikan atau menginstruksikan kepada seluruh penerbangan ini agar pramugari, pramugara itu dikasih vaksinasi mereka semuanya," ujar Ridwan.

Usulan tersebut disampaikan Ridwan agar para penumpang merasa lebih tenang dan aman. Pasalnya, awak kabin tersebut merupakan orang pertama yang akan dijumpai penumpang saat akan menaiki pesawat.

"Jadi kita minta tolong mereka saya tidak tahu mekanismenya, atau mungkin melalui Pak Menhub untuk menginstruksikan semua penerbangan untuk memvaksinasi semua para pramugara, pramugari ini," kata dia.

Menanggapi permintaan Ridwan, Menhub Budi mengaku telah mengupayakan agar para operator transportasi juga mendapat prioritas vaksinasi Covid-19. Bahkan dia mengklaim telah menyurangi langsung Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terkait hal tersebut.

"Pak wakil, saya sudah kirim surat ke Menteri Kesehatan, dan sudah sampaikan secara lisan ini akan menjadi perhatian dari kementerian kesehatan untuk operator transportasi dari tukang ojek, juga supir taksi, dan sebagainya, termasuk pilot dan pramugari mendapat perhatian. Insya Allah itu akan ditindaklanjuti," jelas Menhub Budi.

Sebelumnya, Budi juga pernah menyampaikan wacana tersebut saat Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI pada 25 Januari 2021. Saat itu dia mengatakan bahwa personel transportasi layak mendapatkan prioritas vaksin Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper