Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rumah Longsor di Lampung, Ini Langkah Cepat Ciputra Development

Ciputra Development bertindak cepat dengan menempuh sejumlah langkah setelah rumah mewah yang mereka bangun di Bandar Lampung, Provinsi Lampung, longsor.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  13:05 WIB
Momen terjadinya rumah longsor di Bandar Lampung. - YouTube
Momen terjadinya rumah longsor di Bandar Lampung. - YouTube

Bisnis.com, JAKARTA – Dua bangunan rumah di Perumahan CitraLand Bandar Lampung, Provinsi Lampung, mengalami longsor pada Selasa (26/1/2021).

Direktur PT Ciputra Development Tbk (CTRA) Harun Hajadi menjelaskan bahwa kejadian itu disebabkan hujan dengan intensitas tinggi selama 5 jam terus menerus di lokasi proyek pada Senin (25/1/2021) malam.

"Kelongsoran tanah tersebut mengakibatkan robohnya dua unit rumah di Blok A9 no 7 dan 8 kluster Da Vinci CitraLand Lampung," ujarnya kepada Bisnis pada Rabu (27/1/2021).

Dia menuturkan tidak ada korban jiwa dalam musibah alam ini karena unit rumah tersebut sedang dalam penyelesaian konstruksi.

Saat ini Ciputra Development masih terus melakukan investigasi atas permasalahan ini karena secara struktur rumah-rumah tersebut telah memakai pondasi bore pile dengan kedalaman 12 meter hingga 15 meter dan telah dilakukan mitigasi terhadap lereng.

"Kami, Ciputra Group sebagai pengembang Perumahan CitraLand Bandar Lampung bertanggung jawab sepenuhnya atas kejadian ini," kata Harun.

Selanjutnya, perusahaan akan merelokasi rumah tersebut ke lokasi lain dan tidak akan melakukan pembangunan rumah di lokasi terjadinya longsoran tersebut.

"Ya kami gantikan, kan rumahnya juga belum selesai, masih dalam konstruksi. Untuk rumah sebelahnya yang tak longsor sebenarnya aman, tetapi kami akan mengaudit secara keseluruhan rumah, karena memang curah hujan kemarin itu tertinggi selama ini. Kami memutuskan sebelahnya itu untuk dipindahkan juga ke lokasi yang mereka [pembeli] pilih," tutur Harun.

CitraLand Bandar Lampung merupakan perumahan seluas 50 hektare yang berada di Jalan Raden Imba Kusuma, Sumur Putri, Kecamatan Telukbetung Selatan, Bandar Lampung. Untuk pengembangan proyek ini, Ciputra menginvestasikan dana sekitar Rp600 miliar.

Rencananya, CitraLand Bandar Lampung terdiri dari dua klaster rumah mewah yakni DaVinci dan Michaelangelo serta lima klaster rumah menengah, yakni Rembrandt, Renoir, Van Gogh, Picasso, dan Salvador.

Ciputra juga akan menyiapkan townhouse serta area komersial yang dilengkapi pusat perbelanjaan, hotel, food plaza, ruko, fasilitas olahraga dan club house.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan longsor ciputra development
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top