Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Tersedia di Tol Trans-Sumatra

Fasilitas stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang beroperasi itu berada di rest area Km 20 B, ruas tol Bakaheuni—Kayu Agung.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  12:54 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir di Bali meninjau SPKLU PLN untuk pengisian energi mobil listrik. - Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir di Bali meninjau SPKLU PLN untuk pengisian energi mobil listrik. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Stasiun pengisian kendaraan listrik umum pertama di jalan tol Trans-Sumatra resmi beroperasi. Saat ini, telah ada satu fasilitas SPKLU yang beroperasi, yakni di rest area Km 20 B, ruas Bakaheuni—Kayu Agung.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi menyampaikan bahwa pada Selasa (26/1/2021), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan secara virtual meresmikan SPKLU tersebut.

Peresmian dilakukan pada akhir Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi di Kawasan Merak—Bakauheni—Tol Lampung.

Pada peresmian tersebut, Luhut yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Koordinator Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) menyampaikan apresiasinya terhadap PT PLN (Persero) yang telah mendukung percepatan program KBLBB dengan membangun SPKLU di Indonesia. Dia berharap supaya masyarakat dapat makin antuasias untuk beralih menggunakan KBLBB.

Lebih lanjut, Luhut menyampaikan optimismenya bahwa Indonesia mampu bersaing dalam industri penyedia baterai untuk KBLBB.

"Indonesia mempunyai potensi sebagai produsen litium terbesar kedua di dunia setelah Republik Rakyat Tiongkok, cadangan nikel kita yang beragam menjadikan Indonesia tentu mampu bersaing di kancah ini," ujar Luhut seperti dikutip melalui siaran pers, Rabu (27/1/2021).

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar menyampaikan bahwa ke depan akan dibangun SPKLU di tempat istirahat di Km 49 A Arah Palembang, Km 116 B Arah Bakeheuni, dan Km 234 A Arah Palembang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Luhut Pandjaitan Kendaraan Listrik stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU)
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top