Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penguatan Ketahanan dan Cadangan Mineral Terus Didorong

Peningkatan kegiatan eksplorasi akan dipacu dengan adanya penugasan seperti yang tertuang pada Undang-Undang No. 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  15:54 WIB
Tambang emas Martabe di Batang Toru, Sumatra Utara - Bloomberg/Dadang Tri
Tambang emas Martabe di Batang Toru, Sumatra Utara - Bloomberg/Dadang Tri

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah tengah mendorong penguatan ketahanan dan cadangan mineral melalui peningkatan kegiatan eksplorasi di dalam negeri dengan sejumlah siasat.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Yunus Saefulhak mengatakan bahwa kebijakan yang diambil pemerintah saat ini untuk meningkatkan sumber daya dan cadangan perlu adanya dukungan eksplorasi. Untuk itu, pihaknya telah memberikan regulasi yang lebih ramah.

"Dukungan eksplorasi khususnya tentunya diperkenankan undang-undang oleh junior mining company," katanya dalam webinar yang digelar pada Selasa (26/1/2021).

Yunus menambahkan bahwa di samping hal itu, peningkatan kegiatan eksplorasi akan dipacu dengan adanya penugasan seperti yang tertuang pada Undang-Undang No. 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Dalam beleid itu disebutkan menteri ESDM dapat memberi penugasan kepada lembaga riset negara, BUMN, badan usaha milik daerah, atau badan usaha untuk melakukan penyelidikan dan penelitian dalam rangka penyiapan wilayah izin usaha pertambangan (WIUP) mineral logam dan WIUP batu bara.

Selain itu, BUMN, badan usaha milik daerah, atau badan usaha yang mendapatkan penugasan dan wilayah penugasannya ditetapkan sebagai WIUP mineral logam dan WIUP batu bara, mendapatkan hak menyamai penawaran dalam lelang WIUP mineral logam dan WIUP batu bara.

"Ini bagian dalam penguatan eksplorasi dalam rangka penemuan sumber daya dan cadangan," jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cadangan minerba mineral
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top