Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Wisata di Batam dan Bintan, Sandi Minta Singapura Buka Pintu Khusus

Denyut wisata Kepulauan Riau, khususnya Kota Batam dan Bintan, selama ini didominasi wisatawan Singapura.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Minggu (27/12/2020). - Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Minggu (27/12/2020). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan membuka peluang lalu lintas orang dari Singapura ke Indonesia, khususnya Provinsi Kepulauan Riau.

Sandiaga mengungkapkan, denyut wisata Kepulauan Riau, khususnya Kota Batam dan Bintan, selama ini didominasi wisatawan Singapura. Dia mengaku telah berkomunikasi dengan perwakilan Duta Besar Indonesia di Singapura dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan Singapura.

"Kami ingin membangun pola kemitraan dengan mereka," kata Sandiaga Uno saat berkunjung ke Kepulauan Riau, Jumat, 22 Januari 2021. Dia berharap koordinsi tersebut dapat mengatasi lesunya sektor pariwisata di Kepulauan Riau dan Singapura.

Sandiaga Uno mengaku dekat dengan Kota Batam karena mengawali bisnisnya di sana sekitar 20 tahun lalu. Saat mengecek pelaksanaan protokol kesehatan di Bandara Hang Nadim di Batam, sejumlah destinasi wisata, dan tempat makan, Sandiaga Uno menilai semuanya sudah sesuai.

Sektor pariwisata di Kepulauan Riau, menurut Sandiaga Uno, sejatinya bisa bangkit lebih cepat. Pasalnya, dari sisi infrastruktur, sarana prasarana, sumber daya manusia, dan lokasi yang berdekatan dengan perbatasan negara lain, sudah mendukung dan memadai. Sebagai daerah yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dapat memanfaatkan kedekatan geografis dan persaudaraan untuk menggerakkan sektor pariwisata.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah berharap sektor pariwisata kembali menggeliat, salah satunya melalui peluncuran program Pariwisata Kepulauan Riau Bangkit Lagi dan Kalender of Event Kepri berlangsung di Kota Batam pada 5 - 7 Februari 2021. "Ini harus menjadi momentum kebangkitan pariwisata," ucapnya.

Arif Fadillah menambahkan penerapan protokol kesehatan yang ketat, program vaksinasi Covid-19 yang sedang berjalan, ditambah kedisipilinan masyarakat memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, semakin menyakinkan kalau Kepulauan Riau aman menjadi tujuan wisata. "Kepulauan Riau merupakan gerbang pariwisata Indonesia, sekaligus membuka peluang kerja di sektor pariwisata," ucapnya.

Dalam kunjungan ke Kepulauan Riau, Sandiaga Uno beserta rombongan bertolak ke Nongsa Point Marina dan Nongsa Digital Park. Di sana, Sandiaga Uno memperhatikan kawasan ekonomi khusus dan pusat industri berbasis digital di Kota Batam.

Sandiaga Uno melaksanakan salat Jumat di Masjid Halim Polda Kepulauan Riau, makan siang bersama pelaku UMKM di Restoran Sri Rezeki Batu Besar Nongsa, dan mampir ke kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Batam. Dia juga membuka turnamen golf International Batam Championship Series 2021, kemudian berkunjung ke Kabupaten Bintan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper