Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLTS Atap, BRI Siapkan Pembiayaan dan Len Industri Sediakan Barang

Kerja sama meliputi koordinasi pelaksanaan program kegiatan bersama dalam pembiayaan PLTS atap, pelaksanaan penyediaan sistem PLTS atap, serta pelaksanaan pelatihan pengoperasian dan pemeliharaan sistem PLTS atap.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 21 Januari 2021  |  15:31 WIB
PLTS atap terpasang di sebuah gedung di Denpasar, Bali. - Bisnis/Feri Kristianto
PLTS atap terpasang di sebuah gedung di Denpasar, Bali. - Bisnis/Feri Kristianto

Bisnis.com, JAKARTA — Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional bersama dengan PT Len Industri dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. menandatangani nota kesepahaman guna mengakselerasi pemasangan pembangkit listrik tenaga surya atap.

Sekjen DEN Djoko Siswanto mengatakan bahwa dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) tersebut sebagai salah satu upaya untuk merealisasikan, mendorong, dan mengimplementasikan energi baru dan terbarukan melalui pemasangan sel surya.

Kerja sama itu meliputi koordinasi pelaksanaan program kegiatan bersama dalam pembiayaan PLTS atap, pelaksanaan penyediaan sistem PLTS atap, serta pelaksanaan pelatihan pengoperasian dan pemeliharaan sistem PLTS atap.

"Program ini sangat mendukung target EBT [energi baru terbarukan] kita pada tahun 2025 sebesar 23 persen. Mudah-mudahan MoU ini jadi role model untuk konsumen lain," katanya, Kamis (21/1/2021).

Pemimpin Wilayah Kanwil BRI Jakarta I Rudhy Sidharta mengatakan bahwa bentuk pembiayaan yang diberikan BRI untuk program PLTS atap itu cukup fleksibel. Tenor pinjaman dapat disesuaikan sampai dengan 15 tahun dengan cuku bunga 0,92 persen.

Sebagai lembaga keuangan, pihaknya hanya mampu memberi dukungan untuk akselerasi bauran EBT di dalam negeri dengan bantuan pembiayaan.

"BRI berharap ini jadi suatu contoh untuk dikembangkan lebih luas mungkin dengan departemen atau instansi lain," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Strategi Bisnis dan Portofolio PT Len Industri  Linus Andor Mulana Sijabat menjelaskan bahwa dalam kerja sama itu pihaknya ditunjuk sebagai penyedia barang dan jasa PLTS atap.

Dia menuturkan dalam pemanfaatan PLTS atap, masyarakat Indonesia sudah tidak asing dan tidak memiliki masalah. Namun, masalah dalam pemanfaatan PLTS atap di Indonesia adalah soal pembiayaan.

"Kalau paket financing sudah ada, maka ini capaian ke EBT bisa cepat," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bri plts len industri
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top