Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kadin: Pengusaha Butuh Gambaran Skema Distribusi Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 dinilai memberikan pengaruh signifikan pada faktor kesehatan dan perekonomian lantaran sepanjang 2020 faktor ketidakpastian merupakan musuh utama yang dihadapi semua pihak.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  19:18 WIB
Vaksin Sinovac - ugm.ac
Vaksin Sinovac - ugm.ac

Bisnis.com, JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) merespons positif langkah pemerintah yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 secara nasional pada Rabu, 13 Januari 2021.

Namun, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani mengatakan dari sisi pengusaha membutuhkan skema yang jelas terhadap vaksinasi covid-19 tersebut.

“Kami butuh gambaran jelas skema distribusi seperti apa, apakah lebih banyak pada kuartal pertama dan kedua, atau semester II/2021. Bila lebih banyak [vaksinasi] di awal, maka pemulihan akan lebih cepat dibandingkan jika di semester II/2021,” katanya saat dihubungi Bisnis, Selasa (12/1/2021)

Lebih lanjut, dia menjelaskan kebutuhan skema tersebut akan berpengaruh pada rencana, strategi, dan antisipasi yang akan dipilih para pengusaha ke depannya.

Rosan melanjutkan, adanya vaksinasi yang dimulai pada Rabu (13/1/2021) akan menambah rasa percaya diri masyarakat.

“Ini juga mengakibatkan mobilitas penanganan terhadap kesehatan akan lebih tertangani dengan baik dan ekonomi lebih bergerak maju karena orang berani beraktivitas dan harapannya demand [permintaan] kembali pulih dan meningkat,” ujarnya.

Dia mengatakan vaksin Covid-19 memberikan pengaruh signifikan pada faktor kesehatan dan perekonomian lantaran sepanjang 2020 faktor ketidakpastian merupakan musuh utama yang dihadapi semua pihak.

“Ketidak pastian adalah musuh utama dari kita selama ini akan mulai tereduksi dengan adanya vaksin ini. Ini langkah besar yang ditunggu kita semua akan distribusi ini kedepannya,” kata Rosan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kadin pemulihan ekonomi Vaksin Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top