Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejauh Mana Capaian Pembangunan Smelter hingga Tahun Lalu?

Berdasarkan data Kementerian ESDM, realisasi investasi smelter sampai dengan semester I/2020 tercatat mencapai US$12,06 miliar.  
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  19:10 WIB
Ilustrasi: Smelter timbal PT Kapuas Prima Coal Tbk. - kapuasprima.co.id
Ilustrasi: Smelter timbal PT Kapuas Prima Coal Tbk. - kapuasprima.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — Percepatan pembangunan fasilitas pemurnian dan pengolahan atau smelter di subsektor mineral dan batu bara akan menjadi salah satu program prioritas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tahun ini.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa tahun ini direncanakan ada empat tambahan smelter yang akan beroperasi.

"Pemerintah terus mendorong pembangunan smelter untuk meningkatkan nilai tambah mineral dan multiplier effect perekonomian," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (7/1/2021).

Sampai dengan 2020, realisasi jumlah smelter yang beroperasi mencapai 19 unit. Jumlah tersebut terdiri atas 13 smelter nikel, 2 smelter bauksit, 1 smelter besi,  2 smelter tembaga, dan 1 smelter mangan, sedangkan pada 2021 direncanakan terdapat empat tambahan smelter yang akan beroperasi sehingga jumlah smelter menjadi 23 unit.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, realisasi investasi smelter sampai dengan semester I/2020 tercatat mencapai US$12,06 miliar.  

Sementara itu, pemerintah menargetkan pembangunan smelter dapat mencapai 53 unit sampai dengan 2024 dengan total investasi senilai US$21,60 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smelter pabrik pengolahan dan pemurnian
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top