Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proposal Rusia Ditolak, Pembicaraan OPEC+ Ditangguhkan

Pembicaraan jajaran negara produsen minyak mentah, OPEC+ tiba-tiba ditangguhkan setelah mayoritas anggota, termasuk Arab Saudi, menentang proposal Rusia untuk kenaikan pasokan Februari.
Logo Negara-negara Pengeskpor Minyak (OPEC) di kantor pusat di Vienna, 10 Jun 2014. /reuters
Logo Negara-negara Pengeskpor Minyak (OPEC) di kantor pusat di Vienna, 10 Jun 2014. /reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pembicaraan jajaran negara produsen minyak mentah, OPEC+ tiba-tiba ditangguhkan setelah mayoritas anggota, termasuk Arab Saudi, menentang proposal Rusia untuk kenaikan pasokan Februari.

Diskusi dilanjutkan hari ini untuk menyelesaikan perbedaan mengenai berapa banyak minyak ekstra yang dapat diambil pasar karena pandemi virus corona dan penguncian yang masih ketat.

Melansir Bloomberg Selasa (5/1/2021), perpanjangan pembicaraan meragukan peningkatan produksi 500.000 barel per hari yang diharapkan pasar untuk Februari. Ini juga mempertanyakan peningkatan pasokan yang telah diperkirakan para pedagang untuk bulan Maret dan April.

Perbedaan pendapat antara Arab Saudi dan Rusia, dua pemimpin de-facto OPEC +, dapat menjadi pertemuan yang rumit. Sementara Moskow tampaknya kalah jumlah pada kesempatan ini, kelompok tersebut biasanya membutuhkan konsensus di antara semua anggota sebelum mengakhiri pembicaraan.

Kegagalan mencapai kompromi jarang terjadi, tetapi dapat memiliki konsekuensi yang merusak, terutama perang harga selama sebulan yang lalu.

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengusulkan untuk membatalkan peningkatan produksi 500.000 barel per hari yang dibuat kelompok itu bulan ini.

Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak ingin mempertahankan kenaikan pasokan itu dan menambahkan hal yang sama lagi pada bulan Februari.

Dalam pidato pembukaannya, Pangeran Abdulaziz menyoroti risiko pasar minyak dari mutasi baru virus Corona, yang telah meningkatkan risiko ekonomi bahkan ketika peluncuran vaksin.

"Varian baru virus adalah perkembangan yang mengkhawatirkan dan tidak dapat diprediksi," katanya.

Minyak mentah Brent, patokan internasional, turun hari kedua pada hari Selasa, meluncur 0,6 persen menjadi US$ 50,81 per barel pada pukul 15:54 waktu setempat. di Singapura.

Sang pangeran, yang secara konsisten berusaha untuk menjaga ketat pasokan, juga mengindikasikan dia akan menerima pengguliran tingkat produksi saat ini hingga Februari.

Delegasi mengatakan Aljazair, Nigeria, Oman, Irak, Kuwait, dan Uni Emirat Arab juga mendukung pasokan yang stabil. Kazakhstan mendukung posisi Novak.

"Rusia saat ini fokus pada pangsa pasar sementara sejumlah negara lain menghargai harga," kata Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper