Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN : Seluruh Desa di Provinsi Riau Sudah Tersengat Setrum

PLN menghadirkan listrik bagi 17 desa di Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau. Dengan ini, rasio elektrifikasi desa berlistrik Riau sudah mencapai 100 persen.
Ilustrasi perbaikan jaringan listrik. PLN sangat siap memasok kebutuhan listrik di Kepulauan Riau dengan cadangan daya 136 MW. ./ANTARA-Basri Marzuki
Ilustrasi perbaikan jaringan listrik. PLN sangat siap memasok kebutuhan listrik di Kepulauan Riau dengan cadangan daya 136 MW. ./ANTARA-Basri Marzuki

Bisnis.com, JAKARTA - PLN menghadirkan listrik bagi 17 desa di Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau. Dengan ini, rasio elektrifikasi desa berlistrik Riau sudah mencapai 100 persen.

Adapun 17 desa yang memperoleh listrik tersebut terdiri atas, 11 desa di Provinsi Riau, yaitu Desa Dua Sepakat, Desa Ludai, Desa Batu Sanggan, Desa Tanjung Beringin, Desa Pangkalan Serai, Desa Subayang Jaya, Desa Terusan, Desa Aur Kuning, Desa Pelanduk, Desa Suraya Mandiri, dan Desa Pulau Ruku.

Kemudian enam desa di Provinsi Kepulauan Riau, yaitu Desa Cempa, Desa Tanjung Batu Kecil, Desa Tanjung Hutan, Desa Air Asuk, Desa Liuk, dan Desa Lidi.

“PLN meresmikan 17 desa dan 17 dusun di dua lokasi sekaligus, di Riau nilai investasi sebesar Rp90 miliar dengan potensi 1950 calon pelanggan, sehingga di penghujung tahun rasio elektrifikasi desa berlistrik Riau sudah 100 persen,” ujar General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Dispriansyah melalui siaran pers, Jumat (1/1/2021).

Sedangkan untuk Provinsi Kepulauan Riau nilai investasi sebesar Rp38 miliar dengan potensi 1800 calon pelanggan, rasio elektrifikas desa berlistrik mencapai 91,35 persen.

Dia menjelaskan bahwa secara pasokan listrik PLN sangat siap dengan cadangan daya 136 MW untuk melistriki Kepulauan Riau. Sedangkan di Provinsi Riau cadangan daya sebesar 200 MW dan dalam waktu dekat akan mendapatkan tambahan daya sebesar 200 MW, sehingga pada 2021 cadangan daya di Provinsi Riau sebesar 400 MW.

Dalam 5 tahun terakhir, rasio elektrifikasi di Provinsi Riau meningkat sebanyak 14,06 persen dari sebelumnya 77,53 persen hingga saat ini sudah mencapai 91,59 persen. Sedangkan rasio elektrifikasi Provinsi Kepulauan Riau mengalami peningkatan sebesar 7,39 persen dari sebelumnya 90,95 persen menjadi 98,29 persen.

"Saya ucapkan selamat dan terima kasih serta penghargaan sebesar-besarnya untuk PLN yang telah memberikan listrik untuk desa di Riau. Pada akhir 2020, total desa berlistrik di Riau sudah mencapai 100 persen sejalan dengan program menuju Riau terang 2020," kata Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Dia menambahkan peresmian ini dapat menjadi momen strategis untuk masyarakat agar dapat beraktivitas lebih guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

Senada dengan hal tersebut, Gubernur Kepulauan Riau Isdianto, turut mengapresiasi PLN dalam penyediaan listrik untuk desa di Kepulauan Riau.

“Semoga infastruktur yang telah dibangun oleh PLN sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat Kepulauan Riau dalam meningkatkan kesejahteraan serta kedepannya masyarakat dapat menggunakan listrik dengan bijak,” kata Isdianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper