Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Manfaat Aplikasi BPJT Info Untuk Tingkatkan Kemudahan Pengguna Jalan Tol

Salah satu upaya yang dilakukan melalui pengembangan aplikasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Info untuk memudahkan pengguna jalan tol dalam mencari informasi melalui aplikasi berbasis mobile.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  22:04 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Senin (11/5/2020). Menurut data Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit penurunan lalu lintas harian rata-rata (LHR) kendaraan jalan tol selama PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten sebesar 42% - 60 %. ANTARA FOTO  -  Fakhri Hermansyah
Sejumlah kendaraan melintasi ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Senin (11/5/2020). Menurut data Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit penurunan lalu lintas harian rata-rata (LHR) kendaraan jalan tol selama PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten sebesar 42% - 60 %. ANTARA FOTO - Fakhri Hermansyah

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk mewujudkan pelayanan jalan tol yang optimal untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tol.

Salah satu upaya yang dilakukan melalui pengembangan aplikasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Info untuk memudahkan pengguna jalan tol dalam mencari informasi melalui aplikasi berbasis mobile.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan sangat diperlukan karena kebutuhan dan ekspektasi publik yang semakin tinggi.

"Kami meyakini dengan layanan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya tetapi juga rest areanya,” kata Menteri Basuki dalam siaran persnya Selasa (29/12/2020).

Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono dalam acara perkenalan/sosialisasi aplikasi BPJT Info mengatakan, aplikasi tersebut dirancang untuk memudahkan pengguna jalan tol mendapatkan informasi satu pintu mengenai semua ruas jalan tol yang dikelola oleh seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Triono mengungkapkan, aplikasi ini merupakan pengembangan versi mobile dari aplikasi Tarif Tol BPJT berbasis website yang merupakan aplikasi untuk memudahkan pengguna jalan tol dalam mencari total tarif tol yang harus dikeluarkan dalam perjalanan.

"Perubahan nama dari Aplikasi Mobile BPJT Tarif Tol menjadi BPJT Info merupakan usulan yang

disebabkan oleh fungsi global dari aplikasi ini tidak lagi hanya untuk mencari tarif tol, tapi juga untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi apapun terkait jalan tol," ujar Triono.

Aplikasi BPJT Info yang dapat diunduh melalui ponsel berbasis android ini menampilkan banyak fitur yang memudahkan pengguna jalan tol dan akan terus dikembangkan ke depannya termasuk untuk dapat diunduh lewat ponsel berbasis iOS.

Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi BPJT Info ini yakni cek tarif tol - menampilkan informasi estimasi total tarif yang harus dikeluarkan antar ruas tol semua golongan kendaraan dengan fitur navigasi, lokasi gerbang tol serta fasilitas rest area terdekat, peta jalan tol - menampilkan informasi ruas tol di indonesia, pengaduan - memungkinkan pengguna melakukan pengaduan/kontak langsung dengan BUJT terkait jalan tol yang dilewati.

"Aplikasi ini juga dapat menampilkan live update - menampilkan informasi kondisi jalan tol terkini, news update - memberikan informasi berita terkait jalan tol terkini, Call Center - menampilkan informasi call center jalan tol yang bisa dihubungi, dan link Aplikasi BUJT - memberikan informasi aplikasi-aplikasi mobile lainnya yang masih terkait dengan jalan tol," tutur Triono.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top