Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waduh! Ada yang Positif Covid-19 di Cek Acak Rapid Test Antigen Kemenhub

Menhub mengimbau agar masyarakat yang merasa kurang enak badan untuk mengurungkan bepergian dan tetap tinggal di rumah.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 Desember 2020  |  16:13 WIB
Petugas medis melakukan tes cepat (Rapid Test) COVID-19 kepada pengemudi angkutan umum di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Petugas medis melakukan tes cepat (Rapid Test) COVID-19 kepada pengemudi angkutan umum di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan tes acak rapid antigen di sejumlah titik. Hasilnya di antara peserta yang dites acak sejumlah orang yang mendapatkan hasil positif.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan arus lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek dan jalur Puncak pada Rabu (24/12/2020) terpantau lancar. Hal tersebut disampaikan usai melakukan pantauan via Helikopter, di Ciawi, Jawa Barat.

Menhub menyampaikan lancarnya arus lalu lintas terjadi kemungkinan karena banyak masyarakat yang memilih liburan di rumah. Dia pun mengapresiasi masyarakat yang memilih tidak bepergian di masa pandemi ini.

"Berdasarkan survei yang dilakukan Kemenhub, sebanyak 70 persen masyarakat lebih memilih libur di rumah. Saya ucapkan terima kasih karena selain menghindari resiko penyebaran Covid, juga membantu pemerintah tidak memenuhi jalan," katanya, Kamis (24/12/2020).

Lebih lanjut, Budi Karyamengapresiasi kepolisian yang secara intensif melakukan random check rapid antigen kepada masyarakat yang melakukan perjalanan di beberapa titik sampling seperti di Terminal Kampung Rambutan, Jalur Puncak arah Ciawi dan Godog, serta rest area tol arah timur.

"Sektor transportasi darat agak susah dalam pengawasannya, sehingga saya apresiasi pihak Korlantas Polri yang telah melakukan random check rapid antigen," katanya.

Dari hasil pemeriksaan secara acak, dari 9 orang yang melakukan tes rapid antigen di Terminal Kampung Rambutan, semuanya negatif. Di rest area tol arah timur dilakukan tes kepada 80 orang dan ditemukan 3 orang orang yang positif.

Di puncak arah Ciawi dilakukan tes kepada 100 orang, ditemukan 1 orang yang positif. Sementara dari tes yang dilakukan di Gadog, semuanya negatif.

Menhub mengimbau agar masyarakat yang merasa kurang enak badan untuk mengurungkan bepergian dan tetap tinggal di rumah.

Pada akhir pantauan, Menhub juga memberikan bingkisan dan masker kepada para petugas yang bertugas mengamankan arus lalu lintas di pos polisi Gadog, Ciawi.

"Saya mengapresiasi Kepolisian, Dishub, BPTJ agar bertugas secara baik. Dan kepada masyarakat agar menjaga penyebaran Covid," kata Menhub.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Budi Karya Sumadi Libur Natal & Tahun Baru Covid-19 Rapid Test
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top