Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tol MKTT & Belmera Sudah Tersambung ke Tol Medan-Binjai

Pembukaan segmen Fungsional Seksi 1B ini dalam rangka memberikan pelayanan lalu lintas selama liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) dari Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan Belmera yang menuju ruas Mebi, begitu juga sebaliknya.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 24 Desember 2020  |  00:24 WIB
Pengemudi membayar menggunakan kartu elektronik nontunai ketika akan keluar dari jalan tol Belmera Amplas Medan, Sumatra Utara./Antara - Septianda Perdana
Pengemudi membayar menggunakan kartu elektronik nontunai ketika akan keluar dari jalan tol Belmera Amplas Medan, Sumatra Utara./Antara - Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA – Regional Jasamarga Nusantara Tollroad (JNT) yang mengelola jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) menyatakan dua ruas tol tersebut kini sudah terkoneksi dengan tol Medan-Binjai.

Regional JNT dalam siaran persnya menyatakan mulai Rabu (23/12/2020) bertempat di Km 02+200 Seksi 1B on/off Marelan ruas tol Medan-Binjai (Mebi) menuju Simpang Susun Tanjung Mulia ruas tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), Kepala Balai Jalan Nasional Provinsi Sumatra Utara, Selamet Rasidin secara resmi membuka operasional segmen fungsional Seksi 1B pukul 15.00 WIB, ditandai dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon ke udara.

Pembukaan segmen Fungsional Seksi 1B ini dalam rangka memberikan pelayanan lalu lintas selama liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) dari Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan Belmera yang menuju ruas Mebi, begitu juga sebaliknya.

“Panjang ruas tol Seksi 1B ini hanya 3,5 kilometer. Namun demikian, ruas ini mampu mengkoneksi ke ruas tol lainnya yakni Tanjung Morawa sampai ke Tebing Tinggi,“ ungkap Selamet Rasidin.

Pengoperasian akses menuju ruas tol Mebi sesuai dengan instruksi Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melalui surat Nomor: BM.07.02.-P/1290 tanggal 22 Desember 2020 perihal Pelaksanaan Jalur Fungsional Jalan Tol pada Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kepala BPJT Danang Parikesit melalui surat meminta kepada Badan Usaha Jalan Tol ruas Medan-Binjai untuk menyiapkan segmen jalan tol sebagai jalur fungsional Nataru sehingga dapat dilalui kendaraan mulai 23 Desember 2020 Pukul 12.00 WIB s.d. 4 Januari 2021 pukul 18.00 WIB .

Sebagai upaya untuk aspek keselamatan dan pelayanan bagi pengguna jalan, BPJT juga meminta kepada BUJT untuk memperhatikan tiga hal.

Pertama, penyelesaian dan perapihan pekerjaan pada segmen jalan tol terhadap potensi hazard bagi pengguna jalan tol, termasuk penyelesaian pekerjaan pemarkaan, reflector, papan informasi, dan perambuan untuk memandu pemakai jalan;

Kedua, menyiapkan petugas dan menyediakan layanan jalan tol selama pemanfaatan jalur fungsional dan untuk antisipasi kesulitan yang dialami pengguna jalan pada segmen dimaksud;

Ketiga, menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus covid-19 dengan baik sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

General Manager Representatif Office-1 Regional Nusantara Tollroad ruas Tol Belmera Rudy Pardede menjelaskan bahwa seluruh persiapan terkait pengoperasian sudah dilaksanakan dan dikordinasikan dengan para pihak terkait di setiap ruas tol, dan juga pihak terkait lainnya, termasuk juga integrasi transaksi di tiga ruas tol, yakni Belmera, MKTT dan Mebi selama masa fungsional liburan Nataru.

“Untuk sosialisasi, kami dengan pengelola ruas Tol Mebi dan MKTT akan memasang spanduk pemberitahuan dan melalui rambu elektronik (VMS) di ruas tol, serta penyebaran pers release kepada seluruh media nasional dan lokal,” kata Pardede dalam siaran persnya Rabu (23/12/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top