Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diresmikan Jokowi, Ini Jadwal Grand Launching Pelabuhan Patimban

Pelabuhan Patimban, yang baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi, direncanakan menggelar grand launching pada 2021.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  18:01 WIB
Suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020).  -  Bisnis/Rinaldi M. Azka
Suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020). - Bisnis/Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, Pelabuhan Patimban rencananya akan melakukan grand launching setelah terminal kontainer beroperasi. Targetnya, dilaksanakan pada Semester I/2021.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Purnomo menuturkan saat ini Pelabuhan Patimban sudah siap beroperasi dan dapat memenuhi harapan pergerakan ekonomi. Namun, grand launching pelabuhan setelah dibuka oleh Presiden Jokowi pada Minggu (20/12/20) lalu akan dilakukan setelah pembangunan fase 1 tahap 1 rampung.

"Pelabuhan Patimban siap beroperasi, harapan kami ekonomi di sana mulai bergerak, beberapa industri mobil sekitar Subang sudah manfaatkan, pelabuhan siap tersebut, ekonomi berputar dan berpusat di Patimban. Full launching [perilisan penuh] setelah fase 1 tahap 1 itu selesai di 2021," jelasnya, Rabu (23/12/2020).

Menurutnya, fase 1 tahap 1 tersebut yakni ketika terminal kendaraan dan terminal peti kemas sudah dapat beroperasi. Adapun, saat ini terminal kendaraan sudah beroperasi dan dapat menampung mobil sebanyak 218.000 completely built unit (CBU) per tahun.

Sementara itu, terminal kontainer tengah disiapkan dan targetnya dapat diselesaikan pada Maret 2021. "Setelah ini terminal kontainer siap, pertengahan 2021 kami pastikan siapkan kontainer terminal kapasitas 250.000 TEUs operasi penuh di pelabuhan patimban, ini pelabuhan patimban siap pertengahan 2021 ini," imbuhnya.

Di sisi lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan pihaknya sudah berhasil menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Patimban selama masa pandemi Covid-19 ini. Pembangunan pun akan berlanjut pada 2021 dan tahun-tahun mendatang.

"Bahkan yang namanya Pelabuhan Patimban masa pandemi bisa diselesaikan, sudah operasi dan kami pastikan intensifkan [operasi] Januari 2021, sambil menunggu operator berjalan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pelabuhan patimban
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top