Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Reshuffle Kabinet Jokowi: Erick Thohir Unggah Foto Bareng Sandi dan M. Lutfi

Erick Thohir mengungkapkan kerinduannya untuk berkarya dengan kedua sahabatnya saat muda, Sandiaga Uno dan M. Lutfi. Ketiga kini berkumpul setelah pengumuman reshuffle kabinet oleh Jokowi.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  17:44 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menggah foto lawas dengan Sandiaga Uno dan M. Lutfi  -  Instagram @erickthohir
Menteri BUMN Erick Thohir menggah foto lawas dengan Sandiaga Uno dan M. Lutfi - Instagram @erickthohir

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengunggah foto pribadi dari arsip lama. Uniknya, di dalam foto tersebut ada wajah Sandiaga Uno dan Muhammad Lutfi. Erick pun bercerita terkait pengangkatan kedua koleganya itu setelah pengumuman reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengangkat enam orang menteri baru untuk mengisi posisi kabinet Indonesia Maju. Sandiaga Salahuddin Uno menempati jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio. Sementara itu, M. Lutfi, kembali ke posisi dia beberapa tahun silam sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Melalui foto jadul yang di unggah di akun Instagram resminya @erickthohir, Erick Thohir mengungkapkan kerinduannya untuk dapat berkarya bersama-sama lagi dengan kedua sahabatnya itu seperti saat muda dahulu.

Pada potret di media sosial tersebut, selain Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan M Lutfi, juga terdapat istri Sandiaga Uno, Nur Asia Uno. Tiga orang pengusaha muda tersebut sempat bersama-sama menempuh studi di Amerika Serikat.  Erick memiliki ide untuk mengambil ulang foto jadul tersebut dengan kondisi saat ini kala berada di dalam Kabinet Indonesia Maju. 

"Kayaknya asik nih recreate foto ini bareng Bang @sandiuno dan Mas Lutfi ? Dulu nongkrong bareng, berkarya bareng, sekarang bareng-bareng membantu Pak @jokowi," tulis Erick dalam akun Instagram miliknya @erickthohir seperti dikutip, Selasa (22/12/2020). 

Seperti diketahui, persahabatan Erick Thohir dan Sandiaga Uno telah terjalin sejak sejak Sekolah Dasar (SD). Kebersamaan keduanya tetap berlangsung hingga akhirnya menempuh studi di luar negeri.

Meskipun kala itu berbeda universitas, kesamaan minat untuk mengambil jurusan bisnis membuat Sandiaga Uno dan Erick Thohir menjadi tak terpisahkan. 

Erick Thohir, sebagai putra pengusaha Teddy Thohir,  mengambil kuliah S2 di jurusan Bisnis Administrasi (Master of Business Administration) dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat. Sementara itu, Sandiaga Uno, anak dari presenter Mien Uno, menempuh kuliah di Universitas George Washington.

Erick Thohir, akhir Oktober 2020 laku sempat mengungkapkan bahwa persahabatan keduanya menjadi semakin dekat juga lantaran pernah tawuran bersama.

"Awal pertemanan bukan dari bisnis tapi karena tawuran. Tapi nggak boleh diikuti ya. Ini salah," ujarnya, Rabu (28/10/2020).

Publik pun mengakui kedekatan keduanya, meskipun pernah menjadi lawan kubu dalam Pilpres 2019. Saat itu Sandi sebagai Cawapres berpasangan Prabowo Subianto. Di sisi lain, Erick sebagai Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Penunjukan Sandiaga Uno dan M. Lutfi disampaikan langsung Presiden Jokowi dalam konferensi pers yang dilaksanakan bersama dengan Wapres Ma'ruf Amin di Istana Selasa (22/12) sore.

Sosok M. Lutfi bukan orang asing di pemerintahan. Meski baru saja menduduki jabatan sebagai Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat, M. Lutfi kembali menjadi Menteri Perdagangan. Jabatan yang pernah dia isi kala pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Reshuffle Kabinet sandiaga uno erick thohir m. lutfi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top