Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Nataru, Ini Upaya Pencegahan Covid-19 di Tol MKTT dan Belmera

Untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan kelancaran pengguna jalan tol JNT juga menjalin kerja sama dengan pihak Kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan serta Perangkat Desa.
Proyek jalan tol Kualanamu/Antara
Proyek jalan tol Kualanamu/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Regional Jasamarga Nusantara Tollroad, operator jalan tol di Sumatra Utara yaitu tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT), dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), melakukan serangkaian upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 selama momen libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Division Head Jasamarga Nusantara Tollroad Teddy Rosady menjelaskan perseroan memastikan pelaksanaan kegiatan operasi Jalan Tol sesuai dengan ketentuan Surat Edaran Kementerian PUPR Nomor: 07/SE/M/2020 tanggal 2 April 2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol serta Transaksi di Gerbang Tol.

"Mengacu dari Surat Edaran tersebut, JNT menyiapkan dan melaksanakan protokoler pencegahan penyebaran Covid-19 diantaranya dengan penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), pengecekan suhu tubuh petugas operasional, dan penyemprotan disinfektan di gerbang dan gardu termasuk peralatan operasi secara berkala," ujarnya dalam siaran pers Selasa (22/12/2020).

Keberadaan dan kesiapan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/rest area di sepanjang ruas Jalan Tol juga mendapat perhatian untuk dioptimalkan. JNT memastikan rest area yang berada di Km 65A dan Km 65B di ruas tol MKTT siap melayani pengguna jalan selama libur Natal dan Tahun Baru.

Teddy menjelaskan, dalam upaya pencegahan penularan dan penanggulangan Covid-19, di rest area dlakukan pembersihan dan penyemprotan dengan cairan disinfektan secara berkala, pemberlakukan beberapa pengaturan diantaranya screening suhu, wajib masker bagi pengunjung dan petugas, serta penambahan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer.

“Kapasitas parkir kendaraan akan kami batasi maksimal 50 persen saja termasuk himbauan durasi waktu parkir di rest area maksimal 30 menit, serta pemberlakuan parking distancing dan akan terus kami monitoring baik melalui petugas yang piket atau pun melalui kamera CCTV,” tambahnya.

Untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan kelancaran pengguna jalan tol JNT juga menjalin kerja sama dengan pihak Kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan serta perangkat desa.

“Kami menghimbau kepada pengguna jalan untuk mempersiapkan kondisi kesehatan dan kendaraan, memakai dan jangan melepas masker, mencuci tangan dengan sabun serta physical distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19," ujarnya.

Adapun untuk informasi lalu lintas dan keluhan dapat dapat menghubungi Contact Service melalui telepon 08116285555 untuk ruas tol MKTT, dan 061-6611701 untuk ruas tol Belmera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper