Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Libur Akhir Tahun, INACA: Tak Ada Pembatalan Tiket Pesawat

INACA memastikan hingga saat ini belum ada pembatalan tiket pesawat kendati cuti akhir tahun dipangkas karena minat masyarakat untuk berlibur masih tinggi.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 08 Desember 2020  |  16:17 WIB
Petugas memeriksa Kartu Kewaspadaan Kesehatan penumpang yang baru tiba di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (2/3/2020). - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Petugas memeriksa Kartu Kewaspadaan Kesehatan penumpang yang baru tiba di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (2/3/2020). - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia National Air Carriers Association (INACA) menilai sejauh ini efek pemangkasan cuti bersama belum berdampak kepada pembatalan tiket pesawat dari masyarakat kepada maskapai setelah pemerintah mengumumkan untuk memangkas libur dan cuti bersama sebanyak tiga hari.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan sebagian besar masyarakat sudah merasa cukup jenuh karena melakukan work from home (WFH). Hal ini akan tetap menjadi salah satu faktor atas peningkatan permintaan untuk angkutan udara menjelang akhir tahun ini.

Selain itu masyarakat juga sudah memahami bahwa ekosistem penerbangan telah menerapkan standar protokol kesehatan. Denon menjabarkan secara umum perbandingan masyarakat yang melakukan kegiatan ekonomi transportasi udara belum mencapai 40 persen dibandingkan dengan akhir tahun lalu.

Dia tak memungkiri akhir tahun bisa memberikan dampak kepada industri penerbangan karena pola musim tersibuk maskapai berada pada masa normal awal tahun dan akhir tahun. Maskapai pun tetap berharap aktivitas meningkat supaya tetap bisa melakukan sesuai dengan keyakinan masyarakat.

“Pembatalan tiket dari laporan maskapai sejauh ini belum ada. Dari flight yang diberikan masih terbatas masih 30 persen. Maskapai pun masih menyiapkan ada extra flight. Beberapa sudah mulai mengajukan extra flight,” ujarnya, Selasa (8/12/2020).

Denon memperkirakan destinasi favorit liburan bagi para penumpang pesawat akhir tahun ini masih merupakan tujuan wisata ke Bali dan Yogyakarta. Selain itu juga ada rute-rute yang menjadi aktivitas rutin atau bisanya menjadi rute gemuk selama periode nataru yakni ke Manado dan Makassar.

Selama ini segmen masyarakat yang melakukan perjalanan pada akhir tahun biasanya dengan tujuan melakukan liburan. Dia mencontohkan seperti pola perjalanan tahun lalu dengan mayoritas ke rute internasional. Namun pandemi akan membuat pergeseran tren sementara bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan di rute domestik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan inaca Natal dan Tahun Baru
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top