Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ikuti Jejak Mesir, Indonesia Kembangkan Data Digital Hulu Migas

Kerja sama Schlumberger dengan beberapa perusahaan dengan Pemerintah Mesir telah berhasil menemukan 69 cadangan migas.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  14:50 WIB
Ilustrasi: Setelah selesai tahap pabrikasi yang dilakukan oleh kontraktor EPCI PT Meindo Elang Indah di Handil-1 Fabrication Yard, pada 15 Juli 2020 Anjungan KLD diberangkatkan menuju lepas Pantai Utara, Jawa Barat. Istimewa - SKK Migas
Ilustrasi: Setelah selesai tahap pabrikasi yang dilakukan oleh kontraktor EPCI PT Meindo Elang Indah di Handil-1 Fabrication Yard, pada 15 Juli 2020 Anjungan KLD diberangkatkan menuju lepas Pantai Utara, Jawa Barat. Istimewa - SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia bakal mengikuti jejak Mesir yang telah berhasil secara pesat menemukan cadangan besar minyak dan gas bumi.

Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bidang Eksplorasi Nanang Abdul Manaf menjelaskan bahwa untuk mengundang investor melakukan kegiatan eksplorasi diperlukan pengelolaan data digital yang baik.

Nanang menuturkan bahwa hal itu telah dilakukan Mesir dalam menemukan cadangan energi yang sangat besar dengan waktu yang relatif singkat.

"Pemerintah melalui Pusdatin ESDM punya rencana untuk membangun upstream digital data. Kami sedang proses dan mendekati provider teknologi terbaik. Sekarang adalah era digital, kita tidak ingin tertinggal," katanya dalam diskusi pada acara 2020 International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas, Kamis (3/12/2020).

Sebelumnya, Nanang menjelaskan bahwa pengelolaan data migas menjadi faktor penting dalam menarik investor datang untuk bereksplorasi. Pasalnya, dengan data yang dikelola dengan baik, investor memiliki tingkat kepastian yang lebih tinggi.

Pemerintah Mesir, kata Nanang, menggandeng sejumlah perusahaan dunia untuk mengelola data geologinya. Kerja sama Schlumberger dengan beberapa perusahaan dengan Pemerintah Mesir telah berhasil menemukan 69 cadangan migas. Data yang telah berhasil dikumpulkan itu dijual pemerintah Mesir kepada investor.

"Indonesia juga akan menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan dunia untuk mengelola data geologi," ungkapnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cadangan migas mesir industri migas
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top