Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SMI Gelontorkan Rp1 Triliun Lebih Anggaran Infrastruktur PEN ke Daerah

SMI mengikuti tujuan kebijakan realokasi dan refocusing anggaran yang dilaksanakan pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  19:52 WIB
Proyek pembangunan jalan - JIBI/Rahmatullah
Proyek pembangunan jalan - JIBI/Rahmatullah

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sarana Multi Infrastruktur sudah menyalurkan anggaran pembangunan infrastruktur ke daerah dari dana program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad menjelaskan bahwa pihaknya sudah menerima sekitar Rp40 triliun pengajuan dana dari berbagai daerah di Indonesia untuk program infrastruktur PEN.

"Total pengajuan sekitar Rp40 triliun. Untuk anggaran yang sudah kami cairkan di tahap pertama itu sekitar Rp1 sekian triliun," ujarnya dalam webinar Pencegahan Korupsi dan Pengawasan Pelaksanaan Pinjaman PEN PT SMI kepada Pemda, Selasa (1/12/2020).

Edwin menjelaskan bahwa pihaknya mengikuti tujuan kebijakan realokasi dan refocusing anggaran yang dilaksanakan pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, alokasi anggaran infrastruktur program PEN akan diutamakan untuk menopang peningkatan kapasitas dan pelayanan sektor kesehatan.

Sebelum anggaran dikucurkan, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemda yang mengajukan.

"Kami lihat juga aspek kemampuan dan kondisi daerahnya, jangan sampai daerah kewalahan nantinya. Evaluasi tetap dilakukan SMI dalam program PEN ini," ujarnya.

Menurut catatan Bisnis, pemerintah melalui Kemenkeu dan PT SMI menganggarkan Rp10 triliun untuk program pinjaman daerah infrastruktur program PEN.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt smi Pemulihan Ekonomi Nasional
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top