Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Bersiap Jelang Latihan Penanggulangan Tumpahan Minyak

Kemenhub bersama dengan seluruh unsur yang terlibat menggelar Table Top Exercise di Lampung dengan melibatkan 14 unit kapal dan 500 personil.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 29 November 2020  |  04:07 WIB
Ilustrasi tumpahan minyak yang terbakar di perairan Teluk Balikpapan, Sabtu (31/3/2018). - Istimewa
Ilustrasi tumpahan minyak yang terbakar di perairan Teluk Balikpapan, Sabtu (31/3/2018). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serius dalam mempersiapkan Latihan Nasional Penanggulangan Tumpahan Minyak di Lampung (National Marpolex 2020) dengan melibatkan 14 unit kapal untuk melakukan Table Top Exercise.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Ahmad bersama dengan seluruh unsur yang terlibat menggelar Table Top Exercise di Lampung, yang merupakan salah satu rangkaian persiapan Marpolex.

"Latihan ini rencananya melibatkan 14 kapal, peralatan penanggulangan tumpahan minyak serta diikuti 500 personil dari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup, TNI-AL, Polda Lampung, SKK MIGAS Pemerintah Kota Lampung, Kantor Kesehatan Pelabuhan Lampung, PT Pertamina, PT Pelindo II Cabang Panjang, Tersus/TUKS wilayah Lampung dan stakeholder lainnya," kata Ahmad dalam siaran pers, Sabtu (28/11/2020).

Dia menambahkan seluruh kapal yang akan terlibat di antaranya KN. Trisula, KN. Kalimasada, KN. Chundamani, KN. Jembio, KN. 336, RIB Basarnas 1, RIB Trisula, TB. Leopard, TB. Legundi 3, armada Kantor Kesehatan Pelabuhan, MT. Pasaman, Searider AL, KP. Polair dan RIB Pertamina.

Sementara itu, langsung dari lokasi kegiatan Table Top Exercise ini, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai yang diwakili oleh Kasubdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air, Een Nuraini Saidah, mengatakan bahwa latihan Nasional Penanggulangan Tumpahan Minyak Tahun 2020 ini bertujuan untuk menguji coba dan mengevaluasi prosedur penanggulangan tumpahan minyak serta menguji coba dan mengevaluasi kemampuan dalam penanggulangan tumpahan minyak.

“Selain itu, pelaksanaan latihan ini juga untuk melatih personil dalam perencanaan, komando dan pengendalian dalam satu operasi integrasi,” ujar Een.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal Kemenhub tumpahan minyak
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top