Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Buah Inovasi Kementerian PUPR Tangani Pandemi Covid-19

Pemanfaatan Wisma Atlet Kemayoran dan Rusunawa merupakan bentuk sinergi antara Kementerian PUPR dengan Kementerian dan Lembaga lain serta Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 27 November 2020  |  02:15 WIB
Suasana Wisma Atlet Kemayoran dilihat dari Danau Sunter, Jakarta, Selasa (25/8/2020). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Suasana Wisma Atlet Kemayoran dilihat dari Danau Sunter, Jakarta, Selasa (25/8/2020). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk kategori Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19.

Penghargaan ini didapat berkat pemanfaatan Wisma Atlet Kemayoran sebagai RS Darurat Penanganan Covid-19 dan Rusunawa yang dijadikan tempat isolasi.

Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti mengatakan pemanfaatan Wisma Atlet Kemayoran dan Rusunawa merupakan bentuk sinergi antara Kementerian PUPR dengan Kementerian dan Lembaga lain serta Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam rangka penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kementerian PUPR bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian dan Lembaga lainnya bergerak cepat mengubah 10 tower Wisma Atlet Kemayoran menjadi RS Darurat Penanganan Covid-19," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (26/11/2020).

Pemanfaatan ruangan di antaranya untuk ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang Intensive Care Unit (ICU), ruang pemulihan, ruang rawat inap pasien, laboratorium serta ruangan bagi para tenaga medis. RS Darurat ini telah beroperasi mulai 23 Maret 2020 lalu hingga hari ini.

Di samping itu, Kementerian PUPR memberikan izin pemanfaatan Rusunawa di berbagai daerah sebagai tempat perawatan karantina atau isolasi bagi masyarakat yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) maupun Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

Selain itu, sebagai upaya memenuhi keterbukaan informasi publik Kementerian PUPR terus menyempurnakan laman eppid.pu.go.id, dengan menambahkan laman informasi seputar Covid-19 yang mengimbau masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan yaitu 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, dalam pelayanan informasi publik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

WISMA ATLET Kementerian PUPR
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top