Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

4 Kapal Wisata Berlambung Kaca Dialokasikan ke Labuan Bajo & Bunaken

Pembangunan empat unit kapal itu dibiayai secara tahun jamak dari dana APBN Tahun Anggaran 2020 hingga 2021.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 18 November 2020  |  08:59 WIB
Taman Laut Nasional Bunaken, Manado, Sulawesi Utara - Ilustrasi/en.wikipedia.org
Taman Laut Nasional Bunaken, Manado, Sulawesi Utara - Ilustrasi/en.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah akan menyediakan empat unit Kapal wisata bottom glass yang masing-masing dua unit kapal Catamaran akan ditempatkan di Labuan Bajo, NTT dan dua kapal Trimaran yang akan ditempatkan di Bunaken, Sulawesi Utara.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub, Andi Hartono mengatakan bahwa empat unit kapal itu akan dibangun pada tahun ini.

"Alhamdulillah pada hari ini, kita bersama-sama dapat menyaksikan peletakan lunas pembangunan empat unit kapal wisata bottom glass,” ujarnya, Rabu (18/11/2020).

Menurutnya, pembangunan kapal wisata berlambung kaca ini dilakukan dalam rangka mendukung program pengembangan di kawasan lima destinasi wisata superprioritas guna menarik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara untuk melihat keindahan pemandangan bawah laut di Labuan Bajo dan Bunaken.

Lebih lanjut, Andi menjelaskan bahwa kegiatan pembangunan empat unit kapal itu dibiayai secara tahun jamak dari dana APBN Tahun Anggaran 2020 hingga 2021.

Sebelumnya, telah dilaksanakan penandatanganan kontrak kegiatan pembangunan empat kapal berlambung kaca yang telah dilaksanakan pada 1 Oktober 2020.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi dalam laporannya mengungkapkan bahwa nilai kontrak pembangunan empat unit kapal wisata tersebut adalah Rp76,6 miliar.

“Kegiatan keel laying pembangunan kapal wisata bottom glass dilaksanakan setelah kemajuan pekerjaan mencapai 1 persen atau blok terpasang mencapai 50 ton.”

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bunaken labuan bajo
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top