Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mampukah AP II Jadi Pemimpin Pasar Operator Bandara di Asean?

Dalam setiap fase transformasi, baik itu Transformation 1.0 maupun Transformation 2.0, program dijalankan secara holistik dan komprehensif.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 18 November 2020  |  08:33 WIB
Ilustrasi: Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi: Sejumlah pesawat terpakir di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT Angkasa Pura II (Persero) mencanangkan periode 2020—2024  sebagai periode untuk menjadi pemimpin pasar operator bandara di kawasan Asean.

Perseroan optimistis dapat mencapai visi ini sejalan dengan transformasi perusahaan yang dilakukan sejak 2016.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa perseroan menjalankan program Transformation 1.0 pada 2016—2020, kemudian berlanjut ke Transformation 2.0 pada 2020—2024.

"Pada kurva kedua transformasi ini kami mencanangkan untuk menjadi pemimpin pasar di Asean,” jelasnya, Rabu (18/11/2020).

Adapun, pada periode Transformation 1.0, perseroan fokus membangun kultur perusahaan yang kemudian berdampak pada sejumlah pencapaian antara lain lebih besarnya kontribusi pendapatan nonaeronautika (59 persen) pada 2019 dibandingkan dengan aeronautika (41persen).

Ini adalah salah satu indikasi bahwa perseroan telah menjadi pengelola bandara yang modern, tidak hanya bergantung pada pendapatan aeronautika.

Pencapaian selanjutnya adalah diterapkannya smart airport fully integrated serta meningkatkan kesehatan budaya organisasi melalui pengukuran Organization Culture Health Index (OCHI).

Sementara itu, pada program transformasi selanjutnya yakni Transformation 2.0, fokus perseroan adalah memperluas portofolio bisnis, lalu mengadopsi prinsip operasi berstandar global dalam operasional kebandarudaraan, serta membangun sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.

Dalam setiap fase transformasi, baik itu Transformation 1.0 maupun Transformation 2.0, program dijalankan secara holistik dan komprehensif menyentuh setiap aspek perseroan yakni bisnis dan portofolio, infrastruktur & sistem operasi, serta sumber daya manusia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura ii
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top