Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahun Depan, Erick Thohir Minta BUMN Gabungkan Kantor Cabang Luar Negeri

Kementerian BUMN berharap perusahaan pelat merah bisa efisien dengan menggabungkan kantor cabang di luar negeri. Saat ini ada ada 83 kantor cabang BUMN tersebar 26 negara.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 18 November 2020  |  11:14 WIB
Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). ANTARA FOTO - Aprillio Akbar
Logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). ANTARA FOTO - Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong perusahaan pelat merah untuk meningkatkan efisiensi, salah satunya dengan menggabungkan cabang BUMN yang ada di luar negeri.

Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Susyanto mengungkapkan ada tiga tahap dalam mendorong perseroan pelat merah unjuk gigi di kancah global. Langkah pertama dengan membentuk “Indonesia Incorporated”.

“Dengan menyatukan beberapa kantor cabang BUMN di luar negeri. Di dalamnya akan berisi showroom dan marketing chain,” jelasnya dalam diskusi virtual, Rabu (18/11/2020).

Susyanto menjelaskan bahwa penyatuan kekuatan cabang di luar negeri agar menciptakan efisiensi operasional. Dia mencontohkan kantor cabang PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. yang ada di sejumlah negara.

Saat ini, masing-masing BUMN memiliki kantor cabang sendiri di luar negeri. Susyanto berharap kelak ada satu kantor atau gedung yang menampung seluruh operasi cabang BUMN di luar negeri. Kementerian BUMN ingin, identitas BUMN bisa memunculkan Indonesia Incorproated.

Dia mengungkapkan ada 83 kantor cabang BUMN tersebar 26 negara. dari jumlah tersebut, sebanyak 14 kantor cabang BUMN ada di Singapura.

“2021 sudah berbeda petanya. Paling penting adalah bagaimana meningkatkan brand dari SD, produk, dan jasa BUMN kita,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN erick thohir
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top